Dharmasraya Bekali Seknag Kemampuan Jurnalistik

id #Dharmasraya #informasi publik#jurnalistik

Dharmasraya Bekali Seknag Kemampuan Jurnalistik

Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan Membuka Pelatihan Jurnalistik untuk kalangan Sekretaris Nagari se Dharmasraya (cc)

Pulau Punjung (antarasumbar) Pemerintah Kabupaten Dharnasraya punya tekad keterbukaan informasi menjadi hal yang harus diperhatikan semua lini, agar masyarakat dapat mengetahui perkembangan program pembangunan daerah, makanya Sekretaris Nagari(Seknag) dibekali kemampuan jurnalistik.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, saat membuka pelatihan pembinaan kompetensi Sumber Daya Manuasi (SDM) jurnalistik bagi Sekretaris Nagari se Kabupaten Dharmasraya yang dipusatkan diruang pertemuan Hotel Sakato Jayo, berlangsung pada 16 Februari 2017.

Bupati Dharmasraya dalam sambutannya mengatakan, dimana pelatihan pembinaan kompetensi SDM jurnalistik bagi Seknag sangat penting untuk mendukung keterbukaan informasi publik bagi nagari nagari yang ada di Kabupaten Dharmasraya

Kita sangat mendukung bagi nagari untuk terbuka dalam penggunaan anggaran serta kegiatan yang telah dan akan dilakukan. Dharmasraya dalam keterbukaan informasi publik ini meraih dua nominasi terbaik sekaligus, yakni terbaik untuk nagari dan pemerintah Kabupaten Dharmasraya,jelasnya.

Bupati meminta dengan adanya pelatihan dan pembinaan kompetensi SDM jurnalistik bagi sekretaris nagari ini, prestasi yang telah diraih bisa dipertahankan.

Merebut prestasi terbaik itu mudah, namun mempertahankan prestasi yang telah ada ini sangat sulit. Untuk itu, kita minta kepada sekretaris nagari memanfaatkan pelatihan ini untuk menambah ilmu yang ada, terus nanti diterapkan ke nagari untuk lebih terbuka dalam menginformasikan kepada publik apapun itu,tegasnya.

Keterbukaan informasi publik haruslan dipahami oleh perangkat pemerintahan nagari karena termasuk sebagai badan publik. Oleh karena itu harus menunjuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang bertugas mengelola data dan informasi yang dikuasi pemerintah nagari.

Kami berharap para sekretaris nagaari yang menjadi peserta pada kegiatan ini agar serius dalam mengikutinya dan dapat menyerap segala informasi serta ilmu yang akan disampaikan oleh pemateri. Kami juga berharap peserta dapat menerapkan dinagari masing-masing,tegasnya.

Ketua panitia kegiatan yang juga Asisten III Setda Dharmasraya Martoni dalam sambutannya mengatakan dimana kegiatan yang digelar saat ini diikuti oleh seluruh sekretaris nagari yang ada di Kabupaten Dharmasraya.

Sebanyak 52 sekretaris nagari ikut andil dalam kegiatan ini, kita berharap diikuti dengan sebaik-baiknya dan kemudian nanti diterapkan ke nagari masing-masing,katanya. (hms/***)