DPR RI Dukung Program "Padangpariaman Sehat"

id Padangpariaman, sehat

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Anggota Komisi IX DPR RI dari Partai Golkar John Kenedy Azis mendukung program dari Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, yaitu "Padangpariaman Sehat".

"Kami dari DPR RI mendukung sepenuhnya program itu," katanya usai Dengar Pendapat dengan Dinas Kesehatan dan Masyarakat Kabupaten Padangpariaman di Parit Malintang, Kamis.

Oleh karena itu, ia akan terus mengupayakan agar program tersebut dapat berjalan dengan baik terlebih dirinya merupakan putra daerah itu, katanya.

Untuk itu melalui Dinas Kesehatan Padangpariaman, ia mengumpulkan sejumlah dokter dan bidan di daerah tersebut untuk mendengarkan permasalahan yang dihadapi guna dibahas bersama anggota DPR lainnya di Senayan, Jakarta.

Ia mengatakan dengan mendengarkan permasalahan dokter dan bidan yang merupakan ujung tombak berjalannya program tersebut maka DPR dan pemerintah dapat mengambil keputusan untuk membantu mereka agar program tersebut dapat berjalan dengan maksimal.

"Jangan sampai program tersebut tidak berjalan karena ada permasalahan yang dihadapi dokter dan bidan," katanya.

Ia mengatakan berdasarkan hasil dengar pendapat tersebut diperoleh kesimpulan bahwa permasalahan yang dihadapi rata-rata berkaitan dengan perlengkapan operasional dan kebijakan tentang pengangkatan menjadi Aparatur Sipil Negara (ANS).

"Masalah perlengkapan operasional telah saya serahkan ke pemerintah daerah untuk dicari jalan keluarnya sedangkan pengangkatan menjadi ASN akan saya sampaikan pada rapat komisi dan ke pemerintah pusat," katanya.

Ia menjelaskan program Padangpariaman Sehat tersebut perlu didukung dan dapat menjadi contoh oleh daerah lain karena pada program tersebut memaksimalkan peran dokter dan bidan untuk datang ke rumah-rumah warga guna memberi penyuluhan kesehatan.

"Oleh karena itu program ini tidak boleh terhenti," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni mengatakan program Padangpariaman Sehat tersebut ia gagas pada 2014 lalu.

"Program tersebut bertujuan untuk menekan angka orang sakit di Padangpariaman karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang hidup sehat," ujar dia. (*)