Pemkot Pariaman Minta Baznas Bentuk Program ZCD

id Baznas, Pariaman

Pemkot Pariaman Minta Baznas Bentuk Program ZCD

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat meminta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)setempat membentuk program Zakat Community Development (ZCD) atau zakat pengembangan masyarakat untuk menekan angka kemiskinan di daerah itu.

"Program ZCD merupakan inovatif Baznas di berbagai daerah yang berusaha menekan angka kemiskinan secara terpadu melalui pendidikan, agama, sosial, ekonomi, dan kesehatan," kata Wali Kota setempat, Mukhlis Rahman di Pariaman, Kamis.

Ia menilai program tersebut sangat baik untuk diterapkan, namun perlu dilakukan kajian secara syariah dan undang-undang.

Karena, sebutnya pengaturan dan pengelolaan zakat sudah ditetapkan dengan jelas dalam Undang-Undang 23 tahun 2011 tentang zakat.

Ia menyebutkan program ZCD yang dilakukan beberapa daerah di Sumbar, sangat efektif dan efisien dalam menyalurkan zakat hingga ke pelosok.

Sebagai contoh, katanya Kabupaten Sijunjung dan Tanah Datar sukses menjalankan program ZCD sehingga penyaluran tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

"Jika inovasi yang dilakukan daerah lain bermanfaat untuk masyarakat serta membawa kemajuan bagi pembangunan maka sangat baik dicontoh," ujarya.

Sementara itu Ketua II Baznas Sumbar, Syafrudin Halimi mengatakan program ZCD merupakan program Baznas secara terpadu yang meliputi ekonomi, agama, sosial, kesehatan dan pendidikan.

"Program ZCD hanya bisa disalurkan apabila suatu daerah penduduknya lebih dari 50 persen miskin maka dapat dibantu oleh Baznas pusat, provinsi, kota atau kabupaten," ujarnya.

Ia menerangkan sebelum dana disalurkan, maka terlebih dahulu pengurus Baznas setempat melakukan peninjauan ke lapangan.

Kemudian masyarakat tersebut akan dibantu pemberdayaan ekonomi dengan menciptakan lapangan usaha sebagai mata pencarian.

"Sebagai contoh di Tanah Datar, program ZCD diterapkan melalui peternakan kambing, sedangkan di Sijunjung dikembangkan melalui peternakan domba," katanya.

Oleh sebab itu, ia meminta dan mengimbau pemerintah daerah agar mendorong Baznas setempat menciptakan program ZCD untuk membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat lemah. (*)