Minggu, 26 Maret 2017 - 28 Jumadil Akhir 1438 H

Dispora Sumbar Pastikan Popda Pertandingkan Dua Cabang

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Barat (Sumbar) baru memastikan dua cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Sumbar 2017 di Padang.

"Popda tersebut rencananya digelar pada Juli 2017 awal. Saat ini masih dua cabang olahraga yang pasti dipertandingkan," kata Kepala Bidang Olahraga Dispora Sumbar, Rafli Efendi di Padang, Selasa.

Ia menerangkan nantinya atlet yang menang dalam Popda ini akan diikutkan pada Pekan Olahraga Nasinoal (Popnas) di Jawa Tengah September mendatang.

Tahun lalu, iven yang sama mempertandingkan lima cabang olahraga, yaitu bola basket, bulu tangkis, tenis lapangan, dan tenis meja. Total peserta 2016 sebanyak 740 orang yang berasal dari 19 kabupaten/kota se-Sumatera Barat.

"Tahun ini yang pasti baru atletik dan voli pasir. Persyaratan tetap sama, yaitu usia maksimal atlet adalah 18 tahun," katanya.

Dalam rangka persiapan, pihak Dispora sudah melakukan koordinasi dengan pengurus dua cabang olahraga tersebut.

"Kabupaten/kota telah kami libatkan dalam mengatur segalanya. Termasuk juga dengan pengprov cabang olahraga terkait," katanya.

Terkait dana, ia mengaku telah menganggarkan sebanyak Rp150 juta untuk penyelenggaraan Popda ini. Secara keseluruhan pelaksanaan berbagai programnya, Dispora Sumbar menerima dana APBD 2017 sebesar Rp10 miliar.

Sementara itu, Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Hidayat membenarkan anggaran untuk Dispora yang disetujui tahun ini sebesar Rp10 miliar.

"Anggaran Dispora memang dipotong sebesar 50 persen dibandingkan tahun lalu," katanya.

Ia menjelaskan mulai tahun ini semua Organigsasi Perangkat Daerah (OPD) mengalami pemotongan anggaran, hal ini disebabkan dengan adanya kewajiban untuk membayarkan gaji guru atas pemindahan kewenangan SMA yang sebelumnya ditanggung kabupaten/kota saat ini dilimpahkan ke provinsi. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Baca Juga