Pemkab Pasaman Gratiskan Inseminasi Buatan Ternak Sapi

id sapi

Pemkab Pasaman Gratiskan Inseminasi Buatan Ternak Sapi

(ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat memberikan bantuan inseminasi buatan gratis bagi warga yang memiliki sapi untuk mendukung upaya khusus sapi indukan wajib bunting (Upsus Siwab) di daerah itu.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman, Romi Zuswandi di Lubuk Sikaping, Selasa mengatakan pemberian Inseminasi Buatan gratis ini sudah berlangsung sejak awal tahun.

"Semuanya telah dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2017. Jadi tidak ada dipungut biaya," ujarnya.

Bantuan ini tidak hanya berlaku untuk pemilik perorangan tapi juga untuk kelompok tani yang sebelumnya juga mendapat bantuan dari pemerintah.

"Masyarakat hanya membawa hewan ternak mereka kepada inseminator yang telah ditetapkan oleh Dinas Pertanian," katanya.

Setelah itu, katanya inseminator akan mendata seluruh ternak sapi yang diberikan Inseminasi Buatan dan melaporkannya kepada instansi terkait.

"Berdasarkan data tersebut maka kita akan bayarkan biaya kepada inseminator itu," ujarnya.

Selain itu, Dinas Pertanian setempat juga memberikan bantuan pengobatan dan pemeriksaan hewan ternak secara gratis.

"Kita akan turun langsung ke lapangan untuk mengecek kondisi ternak masyarakat itu. Setelah itu baru diberikan obat-obatan dan vaksin hewan gratis untuk perawatannya," katanya.

Dengan adanya program bantuan ini, ia berharap masyarakat peternak yang ada di daerah itu untuk lebih proaktif lagi.

"Mari kita bekerjasama dengan baik untuk menyukseskan program ini sehingga dapat berjalan dengan baik. Ini juga tentu dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat peternak itu sendiri," ujarnya. (*)