Baznas Solok Selatan Alurkan Beasiswa kepada Mahasiswa

id baznas, beasiswa

Baznas Solok Selatan Alurkan Beasiswa kepada Mahasiswa

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat menyalurkan beasiswa terhadap enam mahasiswa dan 38 warga miskin di Kecamatan Sangir.

Bantuan tersebut diberikan oleh Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Solok Selatan, Suriati Muzni di Padang Aro, Senin.

Suriati mengatakan penerima zakat harus memanfaatkan dana tersebut dengan bijaksana.

Selain itu, ujarnya Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat diharapkan dapat menyalurkan zakatnya ke lembaga yang terpercaya.

"Mustahiq yang sudah mendapatkan harus memanfaatkan dana tersebut dengan baik sehingga bermanfaat," katanya.

Kepala Baznas Solok Selatan, Bakri Bakar menjelaskan untuk bantuan beasiswa setiap mahasiswa mendapatkan Rp1,05 juta sedangkan bagi warga miskin Rp500 ribu perorangan.

"Bantuan ini merupakan yang pertama pada 2017 dan akan berlanjut ke Kecamatan lainnya," ujarnya.

Ia mengatakan tahun ini Baznas menargetkan bisa mengumpulkan Rp4 miliar zakat yang bersumber dari ASN dan karyawan swasta.

Selama ini, sebutnya zakat dari karyawan swasta belum tergarap maksimal dan itu akan dioptimalkan tahun ini.

Ia menyebutkan sepanjang 2016 Baznas menyalurkan Rp2,4 miliar zakat pada mustahiq.

"Zakat yang disalurkan pada 2016 sebagian besar untuk beasiswa sebanyak Rp1,1 miliar dengan jumlah mustahiq 1.090 orang," katanya.

Sedangkan sisanya baru untuk Solok Selatan Peduli Rp801 juta dengan 1.552 mustahiq, Solok Selatan Makmur Rp214 juta dengan 146 mustahiq dan Solok Selatan Sehat Rp165 juta untuk 89 mustahiq. (*)