Puluhan Penerbit Ikuti Minang Book Fair

id pameran buku

Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 70 penerbit nasional dan lokal akan berpartisipasi dalam Minang Book Fair yang akan diadakan di Masjid Raya Sumatera Barat pada 24 Februari-5 Maret 2017.

"Penerbit besar yang tergabung dalam Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) sejak awal mendukung dan sudah memastikan ikut dalam kegiatan ini. Kita optimis masyarakat pecinta buku di Sumbar bisa mendapatkan buku yang bermutu dalam acara yang baru pertama di gelar di Masjid Raya Sumbar ini," kata Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar Alwis di Padang, Senin.

Menurutnya acara yang bertujuan untuk mendorong minat baca dengan memberikan akses bacaan berkualitas pada masyarakat tersebut dikemas dengan memadukan literasi dengan pendidikan dan kebudayaan.

"Kita juga akan menghadirkan pameran pendidikan dan tenda kuliner agar masyarakat lebih terpacu untuk datang," katanya.

Salah seorang panitia Dedi mengatakan persiapan pelaksanaan Minang Book Fair 2017 telah dilakukan karena minggu depan peserta sudah dijadwalkan sampai di Padang.

"Mereka sudah mulai tanya-tanya juga tentang susunan 'stand' dan persiapan lain," ujarnya.

Dedi mengatakan penyusunan anjungan direncanakan akan berdasarkan grup penerbit agar masyarakat lebih mudah untuk mencari buku yang diinginkan serta susunan anjungan juga lebih tertata.

"Intinya kita ingin memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat yang datang," ujar dia.

Minang Book Fair 2017 telah diluncurkan di hotel Gran Alia Jakarta pada 20 Desember 2016 dihadiri Yayasan Gemar Membaca Indonesia (Yagemi), Kepa Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar, Alwis, dan Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi). (*)