Potensi Wisata Kubu Gadang Perlu Dikembangkan

id Hendri Arnis

Potensi Wisata Kubu Gadang Perlu Dikembangkan

Wali Kota Padang Panjang, Hendri Arnis. (Antara)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Potensi wisata Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) perlu dikembangkan karena sangat besar peluang menarik kunjungan ke daerah itu.

"Dalam memajukan pariwisata Padang Panjang, kampung Kubu Gadang ini memiliki pemandangan alam yang indah dan asri serta ada pula silek lanyah yang digemari wisatawan," kata Wali Kota Padang Panjang, Hendri Arnis melalui Sekretaris Daerah setempat Edwar Juliartha di Padang Panjang, Senin.

Ia menerangkan, Kubu Gadang perlu dikemas dari berbagai bidang, sehingga setiap tamu yang datang ke kampung wisata itu, merasa nyaman dan ingin datang kembali berkunjung.

Dalam hal itu pula Ia meminta instansi terkait bisa memanfaatkan Kubu Gadang, dalam menjalankan kegiatannya.

Saat ini, sebutnya yang dicari wisatawan antara lain tempat selfi, tempat kuliner dan tempat hiburan dan tak kala pentingnya faktor kebersihan serta pelayanan maksimal mesti jadi perhatian.

Tidak hanya kampung wisata, Kubu Gadang juga sudah dijadikan sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB) di daerah itu.

Salah satu warga Padang Panjang, Nengsih mendukung rencana pemerintah setempat menjadikan daerah Kubu Gadang sebagai Kampung KB di kota yang berjuluk "Serambi Mekkah" itu.

"Sudah saatnya tingkat taraf hidup mulai dari pengetahuan hingga perekonomian masyarakat meningkat dengan adanya kampung KB ini," ujarnya.

Disisi pariwisata, kata dia Kubu Gadang juga sangat berpotensi, sehingga dengan banyaknya pengunjung, juga akan bisa meningkatkan perekonomian dengan menangkap sejumlah peluang bisnis. (*)