Pasaman Barat Dorong Pramuka Sebagai Tameng Bahaya Narkoba

id Pramuka

Pasaman Barat Dorong  Pramuka Sebagai Tameng Bahaya Narkoba

Bupati Pasbar, Syahiran saat menghadiri acara perkemahan pramuka di Ranah Batahan. Ia mendorong kegiatan pramuka sebagai kegiatan positif untuk menghindari bahaya narkoba (Altas Maulana/Antara Sumbar)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mengingatkan agar kegiatan pramuka tidak hanya sebagai kegiatan serimonial tetapi harus dijadikan kegiatan positif dan tameng bahaya narkoba.

Selain itu juga anggota pramuka harus bisa menjadi contoh di tengah-tengah masyarakat. Jaga persatuan dan kesatuan dan tularkan hal positif kepada orang yang ada di sekitar lingkungan.

"Kegiatan pramuka harus lebih bermakna dalam pembentukan mental anak-anak. Jaga persatuan dan jangan mudah terpecah belah," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran saat menghadiri perkemahan pramuka MTSN Muhammadiyah Lubuk Gobing Kecamatan Ranah Batahan, Minggu.

Ia mengatakan warga Lubuk Gobing disini mudah sekali berselisih dan mudah diadu domba. Jangan mau dipecah belah oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Selain itu, generasi di Ranah Batahan harus bisa menghindari diri dari pengaruh buruk narkoba. Karena, sasaran barang haram tersebut juga generasi bangsa ke depan.

"Target mereka juga generasi emas kita ini. Untuk itu, mari kita sama-sama menjauhi anak-anak kita dari narkoba. Kita bersatu padu memerangi barang haram tersebut," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Pasaman Barat, Manus Handri usai menghadiri Pekan Pembinaan Kreatifitas Pramuka Penggalang di Nagari Kajai Kecamatan Talamau mengatakan pramuka merupakan salah satu gerakan yang cukup efektif yang dapat digunakan sebagai tameng bagi generasi muda dalam menghadapi bahaya Penyalahgunaan Narkoba.

"Narkoba yang sudah merambah ke berbagai penjuru dalam setiap aspek dan elemen kehidupan merupakan ancaman yang secara totalitas harus diwaspadai," ujarnya.

Ia mengatakan gerakan pramuka harus menjadi kegiatan yang dilakukan secara terpadu dan terus menerus diselenggarakan di Pasaman Barat.

"Saya ingin dari gerakan pramuka ini kelak, lahir pemuda-pemuda yang gagah berani. Pemuda yang mampu membawa perubahan besar bagi bangsanya sendiri dan khusunya bagi Pasaman Barat. Saya ingin kalian berjuang layaknya tokoh pemuda seperti Budi Utomo yang berhasil mempersatukan ribuan suku bangsa lewat kata-kata dalam sumpah," katanya. (*)