Mantan Wagub Sumbar Muslim Kasim Telah Dimakamkan

id Muslim kasim

Mantan Wagub Sumbar Muslim Kasim Telah Dimakamkan

Muslim Kasim (Antara)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Jenazah mantan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar) periode 2010-2015 Muslim Kasim dimakamkan di kampung halamannya di Nagari (desa adat) Gadur Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padangpariaman, Sumbar.

"Almarhum dimakamkan di pemakaman kaum," kata Wali Nagari Gadur, Irkhaswandi di Enam Lingkung, Minggu.

Ia mengatakan almarhum dimakamkan disitu karena beliau merupakan seorang penghulu di kampungnya sehingga harus dimakamkan di kuburan kaum.

Sebelum dimakamkan pada pukul 17.30 WIB, jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka di Nagari Pakandangan, Kecamatan Enam Lingkung.

Jenazah almarhum tiba di rumah duka pada pukul 11.25 WIB setelah sebelumnya disambut oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan diserahkan kepada keluarga di Bandara Internasional Minangkabau karena beliau wafat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta.

Terlihat di rumah duka didatangi oleh beberapa tokoh dan para relasinya semasa hidup seperti Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Bupati dan Wakil Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni dan Suhatri Bur.

Selain itu juga ada Walikota dan Wakil Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman dan Genius Umar, Wakil Walikota Padang, Emzalmi, dan Ketua DPRD Padangpariaman, Faisal Arifin.

Muslim Kasim meninggal dunia pada Sabtu pukul 21.45 WIB di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta setelah dirawat selama 13 hari karena peradangan otak yang ia alami.

Almarhum meninggalkan satu orang istri Nasrida Muslim, dan lima orang anak, yakni Harry Husnan Kurniawan, Ricky M Barkah, Kemal Bahren Pasha, Kamil Bahren Pasha dan A H Zuchri.

Semantara itu Nasrul Abit saat melepas jenazah Muslim Kasim meminta pihak keluarga untuk tabah dan mendoakan almarhum agar diterima di sisi Nya.

"Kepada masyarakat kami juga diharapkan mendoakan almarhum," katanya.

Ia mengatakan apabila ada almarhum berbuat kesalahan maka diminta untuk memaafkannya agar arwahnya ditempatkan di surga. (*)