Kamis, 23 Februari 2017 - 27 Jumadil Awwal 1438 H

Sambut Jenazah Mantan Wagub Peresmian Kantor Gubernur Ditunda

Kantor Gubernur Sumatera Barat terlihat tengah diperbaiki yang berada di Jalan Sudirman, Padang, Sumbar, Senin (29/9). Kantor Gubernur yang rusak parah akibat gempa 30 September 2009 lalu diperbaiki keseluruhannya dengan biaya sebanyak Rp 3 miliar, sementara aktivitas dipindahkan ke "Escape Building" hingga Desember mendatang. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/Asf/pd/14. ()
Padang, (Antara Sumbar) - Peresmian Kantor Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) yang direncanakan pukul 08.00 WIB ditunda sementara karena pada waktu bersamaan jenazah mantan Wakil Gubernur Muslim Kasim dijadwalkan sampai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padangpariaman.

         "Informasi yang kita terima jenazah almarhum dibawa menggunakan pesawat Lion Air, berangkat dari Jakarta pukul 08.30 WIB. Gubernur bersama Forkopimda menunggu di BIM. Jadi acara peresmian ditunda sementara," kata Kepala Biro Humas Sekretariat Provinsi Sumbar, Jasman di Padang, Minggu.

         Ia menerangkan penundaan itu hingga pukul 11.00 WIB hingga selesai prosesi pelepasan jenazah di VIP  Room BIM oleh gubernur.

         "Penundaan itu juga sudah disampaikan pada undangan melalui telepon dan media sosial, sebagian yang terlanjur datang diinformasikan oleh protokoler yang berada di kantor gubernur," katanya.

         Ia menyebutkan gubernur memang lebih mendahulukan menyambut jenazah almarhum dari pada acara peresmian kantor, meski telah sejak lama dijadwalkan.

          "Gubernur menilai almarhum adalah salah seorang putra terbaik Minangkabau, pamong dan birokrat senior, seorang Niniak Mamak, dan tokoh masyarakat yang banyak dicintai masyarakat. Karena itu penghormatan dari semua pihak sangat pantas untuk diberikan," ujar dia.

         Wakil Gubernur Sumbar periode 2010-2015, Muslim Kasim meninggal dunia pada Sabtu (11/2) pukul 21.45 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

         Mantan Bupati Padangpariaman selama dua periode tersebut mengembuskan napas terakhir setelah mengalami masa kritis dan koma selama 15 hari di RS tersebut. Muslim meninggal pada usia 75 tahun.

         Almarhum akan disemayamkan di rumah duka Parit Malintang, setelah Zuhur dimakamkan di pemakaman keluarga Gadur Pakandangan.

         Penyambutan jenazah almarhum bertepatan dengan rencana peresmian kantor gubernur Sumbar yang selesai diperbaiki pascarusak akibat gempa 2007 dan 2009.  (*)
 






Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi
          Editiawarman pulang menghadiri pesta pernikahan seorang sahabat, tiba di jalan utama Balai ...
Baca Juga