PLN Lubuk Basung Usulkan 12 Lokasi Lisdes

id PLN

PLN Lubuk Basung Usulkan 12 Lokasi Lisdes

()

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - PT PLN Persero Rayon Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengusulkan 12 lokasi program listrik desa (Lisdes) dengan potensi sekitar 300 ke PLN Wilayah Bukittinggi pada 2016.

Manajer PT PLN Rayon Lubuk Basung, Monli Arsyi di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan, usulan Lisdes ini untuk program pada 2017.

"Kita berharap usulan ini direlokasi oleh PT PLN Wilayah Bukittinggi pada 2017," katanya.

Ia mengatakan, ke 12 lokasi itu tersebar di Kecamatan Lubuk Basung, Ampek Nagari, Palembayan, Tanjung Raya dan Tanjung Mutiara, .

Ke 12 lokasi Lisdes yang diusulkan ke PLN Wilayah Bukittingi ini berdasarkan survei yang dilakukan PT PLN Ranting Lubuk Basung pada 2016, setelah jorong dan wali nagari mengusulkan penambahan jaringan.

Hasil survei tersebut, PT PLN Ranting Lubuk Basung mengajukan kebutuhan seperti, jumlah tiang, kabel dan trafo ke PT PLN Wilayah Bukittinggi.

Namun, jumlah lokasi yang akan disetujui nantinya tergantung ketersediaan dana untuk program Lisdes, karena program ini tidak hanya untuk Kabupaten Agam saja, melainkan untuk kabupaten dan kota lainnya.

Pada 2016, katanya, PT PLN Ranting Lubuk Basung mendapatkan program Lisdes untuk sembilan titik dengan 400 pelanggan.

Ke depan, PT PLN Rayon Lubuk Basung akan berupaya untuk mengusulkan kembali lokasi yang tidak disetujui untuk program Lisdes.

"Kita berharap pada tahun ini, semua usulan kita diterima PT PLN Wilayah Bukittinggi, sehingga tidak ada lagi masyarakat di tidak memiliki penerangan dengan listrik," tegasnya.

PLN Rayon Lubuk Basung dengan wilayah kerja yakni, Kecamatan Tanjung Raya, Lubuk Basung, Palembayan, Tanjung Mutiara dan Ampek Nagari memiliki sebanyak 41.373 pelanggan.

Anggota DPRD Agam, Yuspidar mendukung pengusulan Lisdes agar seluruh rumah memiliki listrik.

"Kita berharap PLN Rayon Lubuk Basung mengusulkan program Lisdes setiap tahun dan PLN Wilayah Bukittinggi dapat merelokasi program itu," katanya. (*)