Pariaman Siapkan Rp3,5 Miliar Bangun Infrastruktur MTQ

id MTQ Sumbar

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat menyiapkan dana sebesar Rp3,5 miliar untuk melakukan pembangunan infrastruktur pendukung persiapan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi ke-37.

"Anggaran Rp3,5 miliar tersebut disiapkan untuk pembangunan delapan item pokok infrastruktur pendukung seperti lapangan parkir, mushala, taman bermain, toilet, ruangan juri, gazebo atau pondok lesehan, toko suvenir dan trotoar," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat, Asrizal di Pariaman Selasa.

Ia menyebutkan saat ini pemerintah daerah sedang melakukan proses persiapan tender, diperkirakan pada akhir Februari 2017 sudah dapat ditentukan pihak pemenang.

Pihaknya memperkirakan pengerjaan tersebut dapat diselesaikan selama tiga bulan ke depan, sebelum lomba MTQ dilaksanakan pada November 2017.

"Pembangunannya akan dipercepat serta diusahakan semaksimal mungkin sehingga jadwal pelaksanaan MTQ tidak diundur," ujarnya.

Ia menyebutkan pada 2016 pemerintah daerah telah menghabiskan biaya mencapai Rp5,5 miliar untuk pembangunan infrastruktur lainnya.

Beberapa item yang telah dibangun seperti lapangan parkir sepeda motor dengan kapasitas 200 unit dan 80 unit mobil, serta 1.500 meter persegi taman bermain tahap pertama.

Terpisah Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman menyebutkan pemerintah setempat akan menerapkan sistem elektronik pada perlombaan E-MTQ 2017.

"Pariaman menjadi daerah pertama di Sumbar yang akan menerapkan sistem E-MTQ," katanya

Ia mengatakan sebagai langkah awal, pihak panitia akan mendata para calon kafilah dengan menggunakan sistem internet.

"Dengan adanya sistem itu, maka lebih memudahkan siapa saja kafilah bersaing pada perlombaan itu," ujarnya.

Ia menilai dengan penerapan sistem E-MTQ lebih efektif dan efisien hingga keakuratan data lebih valid. Selain bertujuan menciptakan generasi muda yang mencintai Al Quran, pihaknya menilai pelaksanaan MTQ ke-37 dapat mendongkrak pariwisata. (*)