Senin, 21 Agustus 2017 - 29 Zulqaidah 1438 H

Pasaman Tetapkan Tigo Nagari Sebagai Sentra Peternakan Sapi

Ilustrasi - (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menetapkan Kecamatan Tigo Nagari menjadi sentra peternakan sapi dalam mendukung mewujudkan swasembada daging.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman Romi Zuswandi di Lubuk Sikaping, Selasa, mengatakan bahwa penetapanTigo Nagari menjadi sentra agrobisnis peternakan karena daerah itu sangat cocok sebagai pengembangan hewan ternak sapi.

"Selain itu, daerah itu juga sangat lancar hubungan transportasinya dengan kabupaten tetangga lainnya dan ibu kota provinsi," ujarnya.

Jika dibandingkan dengan kecamatan lainnya di Pasaman, daerah itu relatif sangat mudah dijangkau. Di samping itu, menarik peminat, baik itu para konsumen maupun penjual dari daerah lain.

"Kecamatan Tigo Nagari juga telah mempunyai pasar ternak. Pakan sapi juga sangat memadai di daerah itu," ujarnya.

Menurut dia, suhu udara di daerah itu juga sangat mendukung untuk lokasi pengembangbiakan sapi.

Sebelum dijadikan sebagai sentra agrobisnis peternakan, kata doa, pihaknya akan memaksimalkan berbagai sarana dan prasarana pendukungnya.

"Kami akan melengkapi fasilitas yang kurang di pasar ternak, seperti perbaikan gedung dan sarana lainnya. Kami juga akan menempatkan petugas medis di kawasan itu," katanya.

Dengan menjadi sentra agrobisnis ternak sapi, menurut dia, akan membuat masyarakat di daerah itu lebih termotivasi lagi dalam mengembangkan peternakannya.

"Dengan demikian, secara otomatis akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar," ujarnya.

Ia berharap masyarakat sekitar juga dapat lebih mandiri dalam mengembangkan ternaknya. Khusus penerima bantuan, juga dapat membantu masyarakat lainnya. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Desca Lidya Natalia
     "Jadi Pak ni kalau mau jujur Pak, Saya sampek bilang 'Pak boleh gak sih saya ngomong? KPK itu independen apa ...
Baca Juga