Minggu, 26 Maret 2017 - 28 Jumadil Akhir 1438 H

Wako: Saber Pungli Perkuat Pelayanan Bagi Masyarakat

Wali Kota Bukittinggi M Ramlan Nurmatias.
Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Wali Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), M Ramlan Nurmatias mengatakan keberadaan tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) akan memperkuat pelayanan bagi masyarakat.

"Keberadaan satgas Saber Pungli tidak perlu dikhawatirkan, justru tim ini mendukung penguatan pelayanan pada masyarakat karena salah satu tugasnya memantau tindakan yang bertentangan dengan aturan," katanya di Bukittinggi, Selasa.

Hal itu ia sampaikan usai melantik tim satgas saber pungli Bukittinggi yang berasal dari unsur pemerintah setempat, kepolisian, kejaksaan, dan TNI yang berjumlah 60 orang dan terdiri dari empat kelompok kerja yakni pokja intelijen, pokja pencegahan, pokja penindakan dan pokja yustisi.

Ia menerangkan pihaknya akan melakukan sosialisasi terkait pungutan kepada masyarakat dan kantor pemerintahan setempat salah satunya caranya dengan menempelkan informasi tarif di kantor-kantor yang memberikan pelayanan pada masyarakat.

"Jadi nanti informasinya jelas urusan mana yang dilayani secara gratis dan mana yang harus membayar. Hal ini akan mencegah terjadinya pungli sejak awal. Pungutan itu harus ada aturan yang mendasarinya," katanya.

Di samping penguatan pelayanan masyarakat, tim saber pungli juga akan berperan melindungi aset-aset pemerintah agar tidak dimanfaatkan oknum tertentu untuk kepentingan pribadi.

"Misalnya tarif parkir kendaraan yang dipungut oleh pihak yang tidak ditunjuk oleh pemerintah, ini termasuk pungli. Kita harus cegah agar tidak terjadi lagi," ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat setempat aktif memerangi praktik pungutan liar dengan cara memberikan informasi atau laporan kepada pihak berwenang.

"Masyarakat silakan lapor bila memang mendapatkan informasi atau pelayanan yang tidak sesuai prosedur yang berlaku. Namun kami harap masyarakat juga menghindari memberi peluang bagi aparat untuk tindakan tersebut," katanya.

Melalui satgas saber pungli, ia mengharapkan dapat membentuk pemerintah yang bersih dan mendorong aparatur sipil negara (ASN) memberikan pelayanan lebih baik dan sesuai prosedur yang telah diatur perundang-undangan atau peraturan daerah. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Baca Juga