Kota Pariaman akan Terapkan Sistem Elektronik MTQ

id MTQ Elektronik

Pariaman, (Antara Sumbar) - Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman menyebutkan pemerintah setempat akan menerapkan sistem Elektronik pada perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran (E-MTQ) ke-37 tingkat Sumatera Barat 2017.

"Pariaman menjadi daerah pertama di Sumbar yang menerapkan sistem E-MTQ," katanya di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan sebagai langkah awal, pihak panitia akan mendata para calon kafilah dengan menggunakan sistem internet.

"Dengan adanya sistem itu, maka lebih memudahkan siapa saja kafilah bersaing pada perlombaan itu," ujarnya.

Ia menilai dengan penerapan sistem E-MTQ lebih efektif dan efesien hingga keakuratan data lebih valid. Selain bertujuan menciptakan generasi muda yang mencintai Al Quran, pihaknya menilai pelaksanaan MTQ ke-37 dapat mendongkrak pariwisata.

"Berbagai daerah di Sumbar akan mengunjungi langsung Pariaman sebagai tuan rumah, secara tidak langsung masyarakat luar akan menikmati berbagai objek wisata yang ada," ujarnya.

Hal tersebut, sebutnya sejalan dengan visi misi Kota Pariaman menjadikan daerah tujuan wisata berbasis Islami, lingkungan dan ekonomi kreatif.

Sementara itu Kepala Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil) Sumbar, Maswar mengatakan pelaksanaan MTQ di Pariaman akan berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya.

"Beberapa hal terkait penyelenggaraan telah dijelaskan kepada pihak panitia di Kota Pariaman sehingga nantinya singkron dengan program Kementerian Agama Republik Indonesia," ujarnya.

Terkait masalah teknis, sebutnya para calon kafilah akan didata oleh panitia melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

"Pihak panitia dan dinas terkait hanya tinggal mencocokkan wilayah domisili dan nomor identitas keluarga sehingga keakuratan data dapat terjamin," ujarnya.

Ia menerangkan langkah dan kegiatan MTQ ke-37 tersebut, merupakan salah satu upaya pemerintah provinsi dalam menjaring kafilah yang akan mewakili Sumbar pada MTQ tingkat nasional. (*)