Rasio Elektrifikasi Sumbar Capai 86 Persen

id PLN, listrik

Rasio Elektrifikasi Sumbar Capai 86 Persen

()

Padang, (Antara Sumbar) - PT. PLN Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) mendata jumlah Rasio Elektrifikasi (RE) Sumbar hingga awal 2017 mencapai 86 persen.

"Kami akan meningkatkan angka RE yang merupakan jumlah rumah tangga yang terlayani listrik ini bisa mendekati 100 persen hingga 2019," kata General Manager PLN Wilayah Sumbar, Bambang Yusuf di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan pihaknya akan mengupayakan sisanya 16 persen ini untuk bisa diselesaikan hingga target 2019.

"Sebanyak 16 persen ini terdapat di Mentawai, Pesisir Selatan, dan Dharmasraya" ujarnya.

Sejumlah daerah tersebut bisa dikatakan infrastrukturnya terlambat sehingga menyulitkan akses jalan ke daerah tersebut, dan juga sifat dari masyarakat setempat yang menyulitkan perkembangan listrik setempat.

Ia mengatakan pihaknya saat ini mengembangkan pembangkit listrik yang ramah lingkungan, terutama memakai potensi daerah masing-masing.

Disamping itu, ia mengatakan meningkatkan rasio desa berlistrik yang juga sama pentingnya dalam memenuhi target angka RE tersebut.

Ia menjelaskan data yang diperoleh hingga saat ini masih ada dua desa yang masih terisolir dan tidak teraliri listrik dengan baik, kedua desa tersebut terdapat pada Kepulauan Mentawai.

"Kendala ke desa tersebut memang utamanya akses jalan dan infratruktur yang tidak mendukung," katanya.

Ia mengharapkan Sumbar dapat ikut berpartisipasi dalam program pusat dengan menargetkan Indonesia terang 2019. (*)