Rabu, 28 Juni 2017 - 4 Syawwal 1438 H

Gubernur : Sumbar Siap Gelar PON 2024

Dua Petarung Sumbar Hendhika Ramadhoni dan Weli Akbar Sumbang Emas PON XIX, Bandung, Rabu (Dok Foto Tim PON Sumbar/Antara) (Antara )
Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan bahwa pihaknya siap menjadi tuan rumah dan menggelat Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, jika secara resmi pemerintahan pusat mengeluarkan Surat Keputusan kejelasan statusnya.

"Kami akan menyiapkan segalanya setelah keputusan tersebut secara resmi dikeluarkan oleh KONI Pusat," katanya di Padang, Sabtu.

Rencananya 2018 akan turun surat kepastian status tersebut, ujarnya.

Ia melanjutkan nantinya dalam pembiayaan pembangunan sarana dan prasarana untuk persiapan tidak semua bisa diatasi dengan APBD Provinsi, pihaknya akan mencari melalui pihak ketiga.

"Untuk pembangunan Stadion utama bisa dibebankan kepada APBD Provinsi, selebihnya bisa didukung oleh pihak ketiga," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Sumbar, Syaiful mengatakan pihaknya akan terus mengupayakan jadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024.

"Kami masih berpeluang menjadi tuan rumah bersaing dengan Aceh dan Sumatera Utara, berharap PON 2024 di Sumatera," katanya.

Dia menyebutkan beberapa upaya yang terus dilakukan KONI yakni penguatan sarana dan infrastruktur olahraga.

Menurutnya pada beberapa kabupaten dan kota didorong untuk membuat atau merenovasi tempat pertandingan olahraga.

Selain itu, katanya mendorong pemerintah provinsi untuk menyiapkan tempat pertandingan yang representatif.

"Gelaran Pekan Olahraga Provinsi menjadi salah satu upaya pantauan kesiapan tempat pertandingan tersebut," ujarnya. (*)



Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : ikhwan Wahyudi
Padang (Antara Sumbar ) - Memasuki usia 65 tahun  Gazali menjadi  satu-satunya pria penghuni komplek perumahan karyawan ...
Baca Juga