Minangkabau Cup 2017 Bidik 50 Talenta Berbakat

id irman gusman cup

Minangkabau Cup 2017 Bidik 50 Talenta Berbakat

Penyerahanan tropi bagi pemenang. (www.irmangusmancup.com)

Padang, (Antara Sumbar) - Minangkabau Cup 2017 akan menjaring sedikitnya 50 pemain muda yang nantinya dibentuk menjadi pemain yang dapat bersaing di kancah nasional maupun internasional.

Ketua Pelaksana Turnamen Minangkabau Cup, Tria Suprajeni di Padang, Sabtu mengatakan turnamen sepak bola yang bertajuk bakti untuk nagari ini memang prioritaskan untuk mencari bibit-bibit potensial yang berusia 17-18 tahun untuk dilatih kembali sehingga siap menjadi pemain profesional.

"Untuk saat ini sudah terdaftar 159 tim dari 19 kabupaten/kota se-Sumatera Barat, untuk persiapan semua sudah selesai tinggal menunggu Eksekusi pada 12 Februari 2017," kata dia.

Ia mengatakan dalam turnamen ini ada sekitar 5.000 pemain yang nantinya saling memberikan penampilan yang terbaik, dan terdapat sebanyak 1200 Official.

"Paling tidak kami bisa kembali lagi merangkul 40 hingga 50 bibit-bibit potensial usia 17-18 tahun untuk dikembangkan menjadi pemain nasional," katanya.

Ia mengatakan walaupun dalam turnamen 2017 ini batasan usia pemain yang diperbolehkan maian yakni, sekitar 17-23 tahun, namun itu ada kategori-kategori khususnya. Tetapi disini pihaknya lebih menitik beratkan pada usia muda.

Jika berbicara konsep tidak jauh beda dengan dari tahun lalu, hanya ada beberapa yang membedakan yakni tentang sistem penempatan pertandingan seperti, tahun lalu semua pertandingan di pusatkan di Padang, namun saat ini yang dilaksanakan di Kota Padang hanya pembukaan, semi final, dan final.

"Untuk babak lainnya akan kami sebar di seluruh Kabupaten/Kota. Kami ingin memanfaatkan stadion atau yang dimiliki Kabupaten/Kota, hal ini sekaligus sebagai ajang perkenalan potensi daerah," katanya.

Ia menilai penyelenggaraan turnamen saat ini diprediksi akan meriah karena semua Kabupaten/Kota ikut mendaftarkan timnya, tidak terkecuali dengan Kepulauan Mentawai yang pada tahun lalu tidak ambil bagian dalam ajang pencarian bibit potensial ini.

Harap dia, dimulai dengan pembukaan hingga selesainya turnamen ini tidak dihadapkan dengan kendala yang berarti, karena disini selain mencari pemain potensial pihaknya juga menghibur masyarakat dengan mengemas pertandingan bola menjadi menarik sehingga dapat menggelora kembali sepak bola di Sumbar.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyatakan dukungan dengan ikut serta memberikan hadiah berupa piala bergilir Gubernur Sumbar.

Ia mengaku senang dengan adanya turnamen ini karena apapun bisa terjadi dalam sepak bola, bisa mempererat hubungan, mempersatukan, dapat meningkatkan harga diri suatu komunitas, dan menjadikan kegiatan ini sebagai media bahkan bisa juga memunculkan perpecahan.

"Saya berharap dengan bola ranah minang bisa semakin terkenal," ujarnya. (*)