Selasa, 24 Oktober 2017 - 4 Safar 1439 H

UNBK SMP di Padangpariaman Diikuti 565 Siswa

(ANTARA SUMBAR/Joko Nugroho)
Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Padangpariaman, Sumatera Barat diikuti 565 siswa dari tiga sekolah di daerah itu karena kekurangan sarana dan sumber daya manusia.

"Sebelumnya kami telah mempersiapkan 10 SMP dari 60 SMP di Padangpariaman namun hanya tiga sekolah yang bisa mengikuti UNBK," kata Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padangpariaman, Yunendri Eka di Parit Malintang, Kamis.

Adapun sekolah yang bisa mengikuti UNBK yaitu SMP Negeri 1 Sintuak Toboh Gadang dengan 186 siswa, SMP Negeri 2 Sintuak Toboh Gadang dengan 112 siswa, SMP Negeri 1 2X11 Enam Lingkung dengan 267 siswa.

Ia mengatakan sekolah yang bisa mengikuti UNBK itu pun harus menumpang ke Sekolah Menengah Atas (SMA) terdekat yang bisa menyelenggarakannya.

SMA yang bekerja sama dengan SMP dalam pelaksanaan UNBK tersebut yaitu SMA Negeri 2 Batang Anai dan SMA Negeri 1 Sicincin.

Ia menjelaskan kerja sama itu kerena siswa SMP tersebut bersedia mengikuti UNBK sehingga pihak sekolah memfasilitasi itu.

Ia mengatakan sekolah yang tidak bisa mengikuti UNBK tersebut didominasi oleh komputer yang tidak mencukupi, server, jaringan Telkom tidak tersedia, serta tenaga teknologi informasi (IT).

Pelaksanaan UNBK akan berlangsung Mei dan jadwal ujian siswa akan dibagi menjadi tiga BK untuk SMA dan SMK mencapai 80 persen, sedangkan untuk SMP hingga 40 persen.

Ujian tidak diselenggarakan secara serentak agar siswa yang sekolahnya tidak memiliki sarana dapat mengikuti ujian di sekolah lain di rayon terdekat.

Diselenggarakannya UNBK tersebut bertujuan untuk mengefisiensi waktu dan memperkecil kecurangan yang terjadi pada saat ujian. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga