14 Sekolah di Padang Laksanakan UNBK 2017

id UNBK

14 Sekolah di Padang Laksanakan UNBK 2017

(ANTARA SUMBAR/Joko Nugroho)

Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 14 sekolah lanjutan tingkat pertama di Kota Padang, Sumatera Barat, akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer 2017, kata pejabat setempat.

Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Padang, Ramson di Padang, Kamis mengatakan sekolah tersebut terdiri atas empat sekolah penyelenggara dan 10 sekolah yang bergabung ke sekolah lain.

Sekolah yang menjadi penyelenggara tersebut adalah SMPN 1 Padang, SMPN 8 Padang, SMP Islam Al-Azhar, dan SMP IT Adzkia.

Sedangkan sekolah yang bergabung yaitu SMPN 2 Padang, SMPN 7 Padang, SMPN 11 Padang, SMPN 24 Padang, SMPN 25 Padang, SMPN 30 Padang, SMPN 31 Padang, SMPN 33 Padang, SMP Adabiah, dan SMP Pembangunan Lab School Padang.

Ia mengatakan pelaksanaan UNBK SMP di Padang, baru pertama kali tahun 2017 sehingga diperlukan persiapan yang matang serta menyiasati kekurangan fasilitas dalam pelaksanaannya, seperti komputer.

Untuk menyiasati kekurangan fasilitas komputer direncanakan pemakaian komputer SMA atau SMK, hal itu karena SMA/SMK lebih dulu menyelenggarakan UNBK dibandingkan tingkat SMP.

Sementara sejumlah sekolah di Kota Padang telah melakukan persiapan menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2017.

Kepala SMPN 31 Padang, Mardawati mengatakan berbagai persiapan dilakukan agar pelaksanaan UN berjalan dengan lancar terutama menyiapkan siswa.

"Siswa rutin dilatih mengerjakan kisi-kisi soal serta menyiapkan mental siswa dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)," kata dia.

SMPN 31 Padang merupakan salah sekolah di daerah itu yang akan mengikuti UNBK dengan bergabung ke SMKN 2 Padang.

Ia menyebutkan jumlah siswa dari sekolahnya yang akan mengikuti ujian nantinya sebanyak 260 siswa. Untuk simulasi UNBK, katanya pihaknya masih menunggu intruksi dari provinsi.

Pelaksanaan ujian nasional untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkap Pertama (SLTP), gelombang pertama pada 2, 3, 4, dan 15 Mei, sementara gelombang dua 8, 9, 10, dan 16 Mei 2017.

Sedangkan, untuk tingkat SMK akan dilaksanakan pada 3 hingga 6 April 2017 dan SMA pada tanggal 10 hingga 13 April 2017. (*)