Menko-PMK: "Venue" Asian Games Selesai Tepat Waktu

id puan maharani

Menko-PMK: "Venue" Asian Games Selesai Tepat Waktu

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani. (ANTARA FOTO)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko-PMK) Puan Maharani yakin seluruh arena penyelenggaraan atau venue Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan, selesai tepat waktu.

Hal ini disampaikan Puan usai melakukan pengecekan kesiapan pembangunan infrastruktur arena balap sepeda atau velodrome, proyek moda transportasi massal ringan (LRT) dan arena berkuda, yang seluruhnya berada di Jakarta Timur, Rabu.

"Insya Allah semua selesai tepat waktu. Saya juga sudah mengecek di Palembang dan di sana juga siap untuk Asian Games," tutur Puan.

Menurut putri dari Megawati Soekarnoputri itu, yang dibutuhkan sekarang adalah koordinasi yang erat antara pelaksana pembangunan, pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Puan tidak mau penyelenggaraan Asian Games 2018, yang terakhir kali dilaksanakan di Indonesia pada tahun 1962, terganggu dengan kendala-kendala yang seharusnya bisa diatasi sejak dini.

"Asian Games harus disukseskan dengan fasilitas memadai. Kalau kita berhasil menyelenggarakan Asian Games, artinya Indonesia siap untuk kehgiatan-kegiatan olahraga multicabang yang lebih besar," kata dia.

Adapun pengecekan di tiga lokasi itu dilakukan Puan bersama pelaksana tugas Gubernur DKI Sumarsono. Di velodrome, Puan mendapatkan penjelasan bahwa proses yang sedang berjalan adalah pengembangan "sub-structure" dan sampai Senin (23/1), persentase pengerjaannya sudah 35 persen. Stadion balap sepeda ini sendiri ditargetkan selesai pada April 2018.

Sementara proyek LRT yang didatangi Menko-PMK adalah bagian dari konstruksi jalur LRT jurusan Kelapa Gading-Velodrome. Pengerjaan masih terus dilakukan dan pada akhir target 2017 diharapkan pembangunan bisa mencapai 80 persen sebelum akhirnya selesai pada Juli 2018.

Untuk arena cabang olahraga berkuda nomor equestrian, saat ini masih dalam proses lelang kontraktor utama. Pembangunan dijadwalkan pada Maret 2017 dan ditagetkan selesai pada Desember 2017. (*)