BPJS Kesehatan: Jangan Abaikan Gejala Penyakit Degeneratif

id Bpjs Kesehatan

BPJS Kesehatan: Jangan Abaikan Gejala Penyakit Degeneratif

Kartu BPJS Kesehatan. (ANTARA FOTO)

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengingatkan masyarakat agar tidak mengabaikan gejala-gejala penyakit degeneratif dan segera melakukan pencegahan jika ada indikasi dengan mengunjungi fasilitas kesehatan.

Selama ini banyak orang cenderung abai dengan gejala penyakit generatif seperti ginjal, hipertensi, diabetes dan jantung koroner, kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, Sistri Sembodo di Padang, Rabu.

Ia menyampaikan hal itu dalam acara peluncuran fitur mobile screening di Kantor Kementerian Agama Kota Padang, dengan tema Ayo Gunakan mobil screening Untuk Temukan dan Deteksi Dini Faktor Risiko Penyakit, dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani dan Kepala Kemenag Padang, Japeri.

Ia mengemukakan penyakit degeneratif jika sudah sampai pada taraf gawat untuk pengobatan butuh biaya cukup besar dan penderita akan sulit beraktivitas secara normal.

Tapi kalau sejak dini diketahui tentu akan bisa dikontrol sehingga bisa mencegah dampak yang lebib berat bagi penderita, ujar dia.

Ia menyampaikan penyakit degeneratif lebih banyak disebabkan oleh pola hidup tidak sehat dan jika seseorang sudah terjangkit tidak bisa disembuhkan dan yang bisa dilakukan hanya mengontrol.

Sistri menyebutkan untuk diabetes berdasarkan data yang dihimpun saat ini penderitanya mencapai sekitar 16 ribu orang dan jika tidak dilakukan antisipasi maka dampaknya akan besar.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Padang, Feri Mulyani mengatakan di Padang sudah ada 23 Puskesmas yang siap melayani masyarakat dan secara aktif melakukan sosialisasi tentang bahaya penyakit degeneratif.

"Kami juga memberikan penyuluhan kepada kelompok berisiko tinggi dan mengupayakan agar penyakit degeneratif tidak menjadi komplikasi," ujarnya.

Selain itu di Padang juga sudah diluncurkan gerakan masyarakat hidup sehat dengan mengampanyekan makan teratur dan tidak merokok, katanya. (*)