Padang Tetap Prioritaskan Pembangunan Pariwisata Pantai 2017

id Medi Iswandi

Padang Tetap Prioritaskan Pembangunan Pariwisata Pantai 2017

Kepala Disbudpar Kota Padang, Medi Iswandi. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat tetap memprioritaskan pembangunan sektor pariwisata di lingkungan Pantai Padang melalui pengembangan Kawasan Wisata Terpadu Gunung Padang.

"Pembangunan wisata lebih fokus menambah kelengkapan di beberapa lokasi antara Gunung Padang, Pantai Muaro hingga Muaro Lasak," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi di Padang, Senin.

Dia menyebutkan beberapa pembangunan infrastruktur yang akan dan sedang dikerjakan seperti pedestrian di Pantai Muaro Lasak yang mencapai 500 meter dan pedestrian di Pantai Muaro dekat Jembatan Siti Nurbaya.

Kemudian masih di Muaro dan sekitar Gunung Padang akan dibuat diorama tentang loji pada masa perjuangan Kemerdekaan RI, termasuk merencanakan penataan kawasan tersebut, termasuk membuat ikon tulisan timbul atau "tagline".

Tidak jauh dari Gunung Padang akan dibangun masjid tepi pantai yang pendanaannya berasal dari investor.

Kemudian akan dilakukan penataan pada Danau Cimpago termasuk memberikan "landmark" ikon pada objek wisata tersebut, termasuk menyiapkan sistem pengelolaan sampah mengantisipasi masuknya sampah dari laut akibat pasang naik pasang turun.

"Penataan Pantai legendaris Air Manis dengan menambah halaman parkir dan pembangunan taman di sekitarnya," kata dia.

Sebagai langkah untuk mendukung pembangunan tersebut khususnya pada penyediaan tempat berbelanja, sistem rumah makan rekomendasi akan terus diidentifikasi kelayakannya.

Dia mengatakan label rekomendasi pada rumah makan menjadi arahan utama bagi wisatawan berbelanja kuliner di Padang.

Selain itu terkait perparkiran, pihaknya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan keamanan akan mengatur dan mengawasi regulasinya.

"Meski fokus pada pantai, beberapa objek wisata lainnya juga akan dikembangkan seperti wisata tempat pemandian, Taman Hutan Raya Bung Hatta, taman bermain dan pantai lainnya," ujarnya.

Sementara itu pemerhati pariwisata Sumbar, Ian Hanafiah mengatakan pemerintah perlu memanfaatkan semaksimal mungkin kemajuan pariwisata untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Salah satunya dengan melibatkan lebih dalam masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi di tempat wisata, seperti berjualan atau penyediaan jasa lainnya.

"Dengan adanya manfaat tersebut, upaya pembangunan pariwisata di Padang akan tepat sasaran," kata dia. (*)