Bupati Hendrajoni Targetkan Pendidikan Masuk Lima Besar

id sekolah

Bupati Hendrajoni Targetkan Pendidikan Masuk Lima Besar

Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Painan, (Antara Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Hendrajoni menargetkan pendidikan daerah setempat pada 2017 masuk lima besar di provinsi itu.

Dia di Painan, Senin, mengatakan pada 2016 pendidikan di daerah yang dipimpinnya sempat merosot dengan menduduki peringkat dua terakhir dari 19 kabupaten/kota yang ada.

Peringkat tersebut katanya bisa dilihat dari capaian hasil ujian nasional tingkat SMA sederajat yang hanya meraih nilai 299,38 satu tingkat di atas Kepulauan Mentawai dengan nilai 275,35.

"Ini menjadi pekerjaan rumah dan saya sebagai kepala daerah menargetkan Pesisir Selatan masuk lima besar namun akan lebih baik jika melebihi target tersebut," katanya.

Ia pun tidak muluk-muluk memasang target itu namun ia berjanji akan memberikan kenyamanan bagi tenaga pendidik.

"Saya pastikan tenaga pendidik nyaman, tidak ada lagi pungutan liar, tidak ada potong memotong tunjangan, semuanya akan saya pantau," kata dia.

Apalagi katanya, dengan terbentuknya tim saber pungli kabupaten beberapa waktu lalu akan semakin mendukung kenyamanan para tenaga pendidik dalam bertugas.

Ia berharap dengan sistem yang terbentuk serta komitmen dari kepala daerah target lima besar provinsi bisa diraih.

Peringkat dua terakhir dari 19 kabupaten/kota yang didapatkan Pesisir Selatan, sebelumnya sempat mengundang keprihatinan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit yang merupakan bupati daerah itu selama dua periode.

Padahal menurutnya peringkat UN tingkat SMA sederajat daerah itu pada 2015 meraih peringkat satu.

Ia menengarai, hasil UN yang anjlok dikarenakan enam bulan menjelang UN digelar, seluruh perangkat pemerintah disibukkan dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Ia berharap, hal itu dijadikan pelajaran, agar ke depan pejabat Dinas Pendidikan lebih respon dengan kalender pendidikan. (*)