Pemkab Padangpariaman Segera Terapkan Simda Daring

id Ali Mukhni

Pemkab Padangpariaman Segera Terapkan Simda Daring

Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni. (Antara)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padangpariaman Sumatera Barat segera menerapkan Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) dalam jaringan (Daring) guna menjalankan pemerintahan elektronik atau e-government.

"Aplikasi Simda sebenarnya telah berjalan di Padangpariaman namun belum daring," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Padangpariaman, Zahirman di Parit Malintang, Minggu.

Ia mengatakan untuk menjadikan Daring pihaknya akan melakukan pengembangan jaringan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di daerah itu.

"Paling tidak ke OPD terdekat dengan kantor bupati sedangkan yang jauh kita lakukan secara bertahap," ujarnya.

Ia menjelaskan aplikasi Simda dapat mempermudah OPD untuk perencanaan, panatausahaan, dan pelaporan keuangan yang langsung terhubung dengan Badan Pemeriksa Keuangan Daerah.

Kemudahan tersebut karena aplikasi itu menawarkan pengelolaan yang praktis, efektif, dan efesien, katanya.

Selain itu, Simda dapat menyediakan data base secara terpadu tentang keuangan, aparatur daerah maupun pelayanan publik dan dapat digunakan untuk penilaian kinerja OPD.

Sementara itu, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Padangpariaman Januar Bakri mendukung upaya yang akan dilakukan Diskominfo untuk menjadikan Simda menjadi Daring.

"Selama ini Diskominfo tergabung ke Dinas Pehubungan sehingga kinerjanya tidak nampak," katanya.

Ia mengatakan dengan sekarang menjadi suatu dinas maka Diskominfo harus menampakkan kinerjanya agar Padangpariaman menjadi lebih baik. (*)