Wali Kota Padang Imbau Warga Beribadah Umroh-Haji

id Umroh

Wali Kota Padang Imbau Warga Beribadah Umroh-Haji

( )

Padang, (Antara Sumbar) - Wali Kota (Wako) Padang, Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengimbau warganya untuk berlomba menyisihkan harta guna beribadah umroh dan haji ke Tanah Suci Mekkah.

"Sudah selayaknya bagi yang mampu untuk berniat umroh dan seterusnya haji sebagai kewajiban seorang muslim," kata dia di Padang, Minggu.

Dia menjelaskan keutamaan umroh dan kemudian melaksanakan haji untuk menyempurnakan ibadah yang selama ini telah dilakukan, hal ini akan berpengaruh pada sikap dan perbuatan.

Bila seseorang yang umroh dan haji memperoleh mabrur, akan terlihat dari perbuatannya yang mencerminkan tanggung jawab dan taat.

Bila dicontohkan kepada pegawai yang telah memperoleh haji mabrur akan terlihat dari pelayanannya yang berkualitas serta disiplin.

Pedagang yang telah berhaji dan umroh juga akan terlihat kejujurannya dalam berjualan serta rendah hati menerima konsumen.

Keutamaan lainnya warga yang telah berhaji atau umroh terlihat dari keengganan melakukan pelanggaran dan tindakan kriminal seperti tawuran, menggunakan narkotika, seks bebas dan sebagainya.

"Kami berharap semakin banyak warga yang berumroh dan haji juga dapat mendukung kemajuan kota," katanya.

Sementara itu Kepala Seksi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Eri Iswandi mengatakan bahwa jumlah jamaah umroh di kota tersebut mengalami kenaikan.

Kenaikan ini terlihat dari bertambahnya tempat manasik atau KBIH yang ada di Padang.

Meski, katanya tidak bisa dirincikan jumlahnya namun kenaikan ini berimplikasi pada kenaikan jumlah daftar tunggu jamaah haji. (*)