Unand Upayakan Pemerataan Akses Pendidikan Tinggi

id Unand

Unand Upayakan Pemerataan Akses Pendidikan Tinggi

Unand.

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat mengupayakan pemerataan dalam akses pendidikan tinggi di seluruh daerah yang ada di Indonesia.

"Dengan memperkuat kualitas di dalam universitas dan meningkatkan kerja sama eksternal menjadi modal Unand ke arah situ," kata Rektor Unand Prof Tafdil Husni dikonfirmasi di Padang, Jumat.

Dia menyebutkan pemerataan akses pendidikan tinggi ini bagian dari 10 program kerja Unand tahun ini.

Kesembilan program kerja Unand ini akan mendukung dalam perluasan dan pemerataan akses pendidikan tinggi.

Kesembilan program tersebut antara lain meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan kualitas daya saing lulusan mahasiswa, meningkatkan relevansi dan produktivitas serta pengembangan, percepatan sumbangsih penelitian untuk pengabdian masyarakat.

Kemudian menguatkan kualitas kerja sama dengan berbagai instansi di dalam dan luar negeri, meningkatkan kualitas kelembagaan secara internal, peningkatan sumber daya manusia baik pegawai, dosen dan mahasiswa, meningkatkan jumlah kerja sama dan meningkatkan kontribusi dana dari kerja sama dan komersial.

"Salah satu yang menjadi upaya dalam pemerataan pendidikan tinggi ini melakukan pembinaan pada kampus yang ada di daerah tertentu oleh duta dari Unand," kata dia.

Sebagai contoh dalam membantu penyelesaian akreditasi kampus, kemudian memberikan percontohan dalam hal penelitian atau pengabdian hingga membantu dalam sarana prasarana.

"Unand juga akan aktif dalam koordinasi dengan Kementerian Riset Teknologi dan Dikti terkait penguatan kualitas institusi," ujarnya.

Sementara itu Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X, Prof Herri mengatakan bahwa pemerataan akses pendidikan tinggi mendesak dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di semua daerah.

Dia mengatakan saat ini perguruan tinggi negeri masih menjadi prioritas bagi masyarakat memenuhi kebutuhan pendidikan tinggi sedangkan perguruan tinggi swasta yang lebih banyak masih jadi pilihan berikutnya.

Dia berharap perguruan tinggi seperti Unand bisa membina kampus swasta agar lebih berkualitas dan sejajar dengan perguruan tinggi negeri lainnya. (*)