Ribuan Siswa Sumbar-Riau Ikuti Lomba MIPA

id siswa

Ribuan Siswa Sumbar-Riau Ikuti Lomba MIPA

Ilustrasi Lomba (Antara)

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Sekitar 1.425 siswa SD, MI, SMP dan MTsN di Provinsi Sumatera Barat dan Riau, mengikuti lomba Matematika dan IPA (MIPA) yang diadakan oleh SMAN Agam Cendikia, Kabupaten Agam, Minggu.

Ketua Panitia, Jamal Rahmat di Lubuk Basung, Minggu, mengatakan, ke 1.425 siswa ini terdiri dari tingkat SMP dan MTsN sebanyak 1.105 orang, siswa tingkat SD dan MI sebanyak 320 orang.

"Mereka berasal dari utusan sekolah di Provinsi Sumbar dan Riau. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dimulai pada Minggu (22/1) sampai Senin (23/1)," katanya.

Ia mengatakan, lomba MIPA tingkat SMP dan MTsN ini merupakan ke sembilan kali. Untuk tingkat SD dan MI yang keempat kali.

"Lomba MIPA yang diberi nama Cendikia's Junior Science Contest (CJSC) Smanac ini setiap tahun kita gelar," katanya.

Kepala SMAN Agam Cendikia Afri Yetti menambahkan, tujuan dari kegiatan ini untuk melihat kemampuan siswa di bidang Matematika dan IPA.

Bagi peserta yang masuk lima besar, katanya, akan memperoleh beasiswa dan siswa yang lulus akademik diterima di SMAN Agam Cendikian tanpa tes.Untuk juara satu mendapatkan beasiswa selama satu tahun, juara dua mendapatkan beasiswa selama enam bulan dan juara tiga mendapatkan beasiswa selama tiga bulan.

"Mereka diterima di SMAN Agam Cendikia tanpa tes dan mendapatkan beasiswa," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, Isra mengapresiasi SMAN Agam Cendikia yang telah mengelar lomba MIPA dalam meningkatkan prestasi di bidang pengetahuan siswa.

Staf Ahli Gubernur Sumbar Bidang Pemerintahan, Jefrinal menambahkan, lomba ini dapat meningkatkan sumber daya manusia dan membentuk karakter anak didik.

"Kita berharap lomba ini berlanjut tahun mendatang dalam mencari bibit-bibit siswa di bidang matematika dan IPA," katanya. (*)