Tiga Sekolah di Pesisir Selatan Ikuti UNBK

id UNBK

Tiga Sekolah di Pesisir Selatan Ikuti UNBK

(ANTARA SUMBAR/Joko Nugroho)

Painan, (Antara Sumbar) - Sebanyak tiga sekolah di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 2017.

Kepala Bidang Pembinaan SMP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, Nuzirwan di Painan, Jumat mengatakan, ketiga sekolah tersebut diantaranya SMPN 1 Painan, SMKN 1 Painan dan SMAN 3 Painan.

Sedikitnya sekolah yang mengikuti UNBK menurutnya dikarenakan tidak menunjangnya jumlah komputer yang tersedia.

Bahkan, ia menjelaskan SMPN 1 Painan harus bekerja sama dengan SMKN 1 Painan untuk menggunakan komputer di sekolah tersebut begitu sebaliknya usai pelaksanaan SMK juga menggunakan komputer SMP tersebut.

Selain kekurangan jumlah komputer kendala lain yang mempersulit ialah aturan yang tidak membolehkan penggunaan komputer empat bulan menjelang pelaksanaan.

Aturan tersebut menurutnya membuat beberapa sekolah mengurungkan niat mengikuti UNBK karena takut proses belajar mengajar menjadi terganggu.

Bagi sekolah yang akan mengikuti UNBK, ia mengimbau agar guru-guru sedini mungkin diberitahukan pelajar terkait sistem yang harus dikuasai.

Terpisah, anggota DPRD setempat, Dalisman menyambut baik pelaksanaan UNBK karena menurutnya hal tersebut akan menjadikan ujian lebih berintegritas.

"Kami sangat mendukung karena UNBK bisa meminimalisir berbagai bentuk kecurangan," kata dia. (*)