Wabup Minta Warga Tanjung Emas Bersatu Gunakan Irigasi

id gotong royong

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma meminta warga Kecamatan Tanjung Emas bersatu dan bergotong royong memanfaatkan air irigasi di Waduk Pancasila Jorong Kubang Landai, Nagari Saruaso, sehingga penggunaannya merata ke seluruh areal persawahan.

Hal itu disampaikan Wabup saat menghadiri acara serah terima jabatan (sertijab) Camat Tanjung Emas dari pejabat lama Elvy Sandri kepada pejabat baru Abramis Yuzi di Aula Kantor Camat setempat, Kamis.

Ia mengharapkan waduk irigasi yang dibangun dengan dana miliaran rupiah itu hendaknya dapat mengaliri ratusan hektar sawah sampai ke Nagari Tanjung Barulak dan meningkatkan produktifitas hasil pertanian.

"Masyarakat yang memakai air irigasi tersebut dapat menggunakan air sesuai kebutuhan sehingga seluruh petani dapat mengaliri sawahnya, apalagi di musim kemarau saat ini," katanya.

Wabup menyebutkan waduk irigasi ini akan terus dibenahi setiap tahun dan anggarannya tetap disediakan, namun yang lebih penting bagaimana masyarakat dapat mematuhi aturan pemakaian air.

Di sisi lain, Wabup mengharapkan kepada pejabat camat yang baru dapat mengawal dan mengawasi pengelolaan dana nagari untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat sebanyak 30 persen dari total dana nagari.

Ia mengatakan tantangan pembangunan daerah dan pemberdayaan masyarakat ke depan cukup berat sehingga dituntut kinerja pejabat lebih maksimal.

"Pembangunan daerah dan pemberdayaan masyarakat merupakan tanggung jawab kita bersama, maka pejabat daerah harus merangkul seluruh komponen masyarakat," katanya.

Sementara itu, Camat Tanjung Emas Abramis Yuzi meminta seluruh komponen masyarakat dapat memberikan dukungan pemikiran dan moril dalam rangka melaksanakan tugasnya di sini.

"Kami tidak akan mampu mengemban beban berat yang diamanahkan ini tanpa adanya dukungan penuh dari seluruh komponen masyarakat dan yang terpenting saran dan kritik untuk kebaikan Kecamatan Tanjung Emas ke depan," katanya.

Hadir dalam acara sertijab tersebut Asisten I Mukhlis, Inspektur Daerah Altri Suwandi, Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Pagaruyung Sutan Muhamad Taufiq Thaib, para kepala dinas, camat, wali nagari, para guru dan pejabat yang dilantik beserta keluarga. (*)