Disdik Padang: Sekolah Terapkan Program Adiwiyata

id adiwiyata

Disdik Padang: Sekolah Terapkan Program Adiwiyata

Ilustrasi arak piala Adiwiyata Mandiri.

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), terus menginstruksikan seluruh sekolah di daerah itu menerapkan program adiwiyata dalam menciptakan lingkungan belajar yang bersih dan sehat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Padang, Fauzil Mahfuz di Padang, Kamis, mengatakan adiwiyata merupakan program yang bertujuan menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat dalam rangka mewujudkan kesadaran warga sekolah agar peduli terhadap pelestarian lingkungan hidup.

Dalam mendorong sekolah untuk menerapkan program adiwiyata, teranganya pihaknya memfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan sekolah, kemudian melakukan pembinaan dan pendampingan.

"Pembinaan dilakukan seperti dalam melakukan penghijauan, perbaikan drainase dan sebagainya," tegasnya.

Ia menjelaskan kendala dalam mewujudkan sekolah adiwiyata adalah keterbatasan lokasi, ketersediaan lahan, dan terbatasnya anggaran dalam mendukung seluruh sekolah.

"Seperti sekolah bertingkat yang berada di pusat kota, luas tanah untuk penghijauan itu sangat sedikit," katanya.

Ia menyebutkan pihaknya bersinergi dengan semua pemangku kepentingan yang terkait dengan kegiatan adiwiyata terutama pihak sekolah dan lingkungan sekitar sekolah untuk bisa membantu dalam program adiwiyata tersebut.

Sebelumnya, tiga sekolah di Padang meraih penghargaan Adiwiyata Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Desember 2016.

Kepala Bidang Pendidikan Disdik Padang, Barlius menyebutkan tiga sekolah yang meraih penghargaan itu, yakni SDN 08 Surau Gadang, SMPN 31 Padang, dan SMAN 14 Padang.

Ia mengapresiasi sekolah yang telah berhasil mengangkat prestasi sekolah dengan mendapatkan penghargaan di tingkat nasional itu.

Selain itu, ia juga berharap sekolah yang telah mendapatkan penghargaan itu dapat mempertahankan apa yang telah diraih hingga terus berprestasi untuk ke depannya.

"Sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata itu diharapkan dapat terus berinovasi dan melahirkan prestasi," katanya. (*)