Baznas Agam Bantu Sarana Air Bersih Mustahik

id baznas

Baznas Agam Bantu Sarana Air Bersih Mustahik

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyalurkan bantuan berupa sarana air bersih senilai Rp59,5 juta kepada 90 mustahik atau orang berhak mendapatkan bantuan di Kecamatan Matur.

Ketua Baznas Agam, Isman Imran di Lubuk Basung, Rabu, mengatakan bantuan sarana air bersih berupa jaringan pipa diserahkan kepada warga di Jorong Aia Taganang Nagari Matua Hilia sebanyak 54 orang dan Jorong Aia Sumpu Nagari Matua Hila sebanyak 36 orang.

"Bantuan ini telah kami serahkan dan mudah-mudahan bermanfaat bagi merak untuk menyalurkan air bersih dari sumber air ke rumah mereka," katanya.

Ia menjelaskan bantuan yang diserahkan itu tidak berupa uang, tetapi berupa pipa sesuai dengan kebutuhan mereka dari rumah sampai sumber air bersih di masjid di daerah itu.

Warga yang mendapatkan bantuan itu, setelah mengajukan proposal kepada Baznas Agam.

Setelah itu, Baznas Agam membentuk tim untuk verifikasi dan melakukan kunjungan ke rumah mereka untuk memastikan layak atau tidak layak mendapatkan bantuan tersebut.

"Dari hasil kunjungan tim, ke 90 mustahik ini layak mendapatkan bantuan ini," katanya.

Selama 2016, terangnya sekitar Rp8,5 miliar dana yang disalurkan kepada mustahik untuk membantu biaya pendidikan, berobat, modal usaha dan lainnya.

Salah seorang penerima bantuan, Abu Bakar Sidik (76) berterima kasih kepada Baznas Agam yang telah memberikan bantuan tersebut.

Sebelumnya, dirinya beserta warga lain memperoleh air bersih dari sungai yang ada di daerah itu dengan jarak sekitar ratusan meter.

Apabila hari hujan, ia menampung air hujan menggunakan bak penampungan dan dimanfaatkan untuk beberapa hari kedepan.

"Kami sangat terbantu dengan bantuan ini dan akan dimanfaatkan sebaik mungkin," katanya. (*)