Syahiran Instruksikan SOPD Siapkan Kegiatan Agar Cepat Dilelang

id LPSE

Syahiran Instruksikan SOPD Siapkan Kegiatan Agar Cepat Dilelang

Ilustrasi - LPSE.

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Bupati Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Syahiran meminta semua Satuan Organisasi Perangkat Daerah mempersiapkan data proyek dan kegiatan dan memberikan ke Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) agar bisa secepatnya dilelang.

"Untuk kegiatan yang prioritas akan kita berikan pendampingan supaya cepat bisa dilelang," katanya.

Ia mengatakan saat ini sebagian bahan kegiatan pada sebagian OPD telah masuk ke bagian ULP.

"Tujuannya agar pihak ULP segera mempersiapkan data lelang untuk diumumkan di sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Sehingga kegiatan bisa cepat dilakukan dan tidak menumpuk di akhir tahun," katanya.

Agar prosesnya lebih cepat, ia meminta agar Aparatur Sipil Negara (ASN) di OPD yang ditunjuk segera melaksanakan tugasnya.

"Kepala OPD juga diminta melepas stafnya untuk sementara menjadi Pejabat Fungsional Tertentu di Pokja Pengadaan Barang dan Jasa," katanya.

Ia meminta seluruh proses lelang itu bisa selesai pada triwulan I agar serapan anggaran bisa cepat dilakukan.

"Jangan seperti tahun 2016 yang terlambat lelang kegiatan hingga APBD dipotong. Meski anggaran itu sudah dikembalikan tetapi baru bisa digunakan pada perubahan APBD 2017," katanya.

Ia mengungkapkan lelang lebih cepat artinya serapan anggaran lebih cepat. Hal itu akan positif terhadap perekonomian masyarakat karena peredaran uang terjadi sejak awal tahun. (*)