KPU Sumbar: Persiapkan Logistik Pilkada

id pilkada

KPU Sumbar: Persiapkan Logistik Pilkada

(ANTARA FOTO)

Padang, (Antara Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) mengimbau dua daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 untuk menyiapkan bahan logistik guna kelancaran pemilihan umum tersebut.

"Untuk kesiapan logistik seperti surat suara, formulir, tinta, serta sejumlah kebutuhan lainnya untuk benar-benar dikoordinasikan dengan baik dan jelas agar tidak menganggu proses pemungutan suara," kata Komisioner KPU Sumbar Fikon di Padang, Selasa.

Dua kabupaten/kota di Sumbar yang akan menggelar pesta demokrasi tersebut, yakni Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kota Payakumbuh.

"Pematangan persiapan ini agar tidak terjadi hambatan dalam pelaksanaan pemungutan suara nanti," katanya.

Ia meneruskan persiapan sumber daya manusia (SDM) juga harus menjadi fokus KPU kabupaten/kota melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) agar paham apa yang harus mereka kerjakan dan apa saja yang menjadi tanggung jawabnya selama pelaksanaan pilkada.

"Imbauan ini juga diperuntukan bagi empat daerah nantinya yang akan melaksanakan pilkada 2018 yakni, Kota Pariaman, Kota Padang, Padang Pajang dan Kota Sawahlunto," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Padang Muhammad Sawatri menyatakan kesiapannya untuk menghadapi pilkada 2018, semuanya akan dikoordinasikan dengan baik dengan pihak provinsi.

"Yang jelas kami siap untuk melaksanakan pilkada 2018. Kami juga sudah mempunyai catatan apa saja yang perlu dimaksimalkan dan diubah ke depannya. Serta, akan lebih memaksimalkan SDM yang ada," ujarnya.

Ia menambahkan terkait anggaran pilkada, pemerintah kota Padang rencananya akan menyediakan dana sebesar Rp4 miliar yang berasal dari dana hibah.

"Masih tahap pembahasan karena belum ada kata sepakat berapa jumlah dana yang akan diberikan Pemkot Padang pada KPU untuk pelaksanaan pilkada 2018," ujarnya. (*)