Kopertis X-LKBN Antara Sumbar Perkuat Publikasi Kampus Swasta

id Kopertis

Kopertis X-LKBN Antara Sumbar Perkuat Publikasi Kampus Swasta

Irjen Kemenristekdikti Prof.Dr.Jamal Wiwoho (dua dari kanan) menyaksikan penandatangan MoU antara Kepala Biro LKBN ANTARA Sumbar Azhari (kiri) dengan Koordinator Kopertis Wilayah X Prof.Dr.Herri (dua dari kiri). (ANTARA SUMBAR/Maril Gafur)

Padang, (Antara Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah X untuk Sumatera Barat (Sumbar), Riau, Kepulauan Riau dan Jambi bekerja sama dengan Perum LKBN Antara Biro Sumbar dalam penguatan publikasi kampus swasta.

"Tujuan kami menggandeng Antara untuk lebih menguatkan informasi terkait Kopertis dan perguruan tinggi swasta yang selama ini minim publikasi," kata Koordinator Kopertis Wilayah X Prof Herri di Padang usai menandatangani nota kesepahaman antara Kopertis dan LKBN Antara Biro Sumbar, Selasa.

Menurut dia LKBN Antara sebagai lembaga negara yang memiliki akses luas dan penyebaran informasi tentu akan memberikan bantuan Kopertis dalam memudahkan komunikasi dengan berbagai kampus swasta.

Dengan begitu, fungsi Kopertis dalam melakukan pembinaan, pengawasan dan pengendalian kampus swasta akan lebih mudah.

"Kami mengkoordinasi kampus swasta di empat provinsi, kerja sama dengan Antara akan memudahkan penggalian informasi," katanya.

Ia berharap setelah kerja sama ini berbagai kegiatan Kopertis seperti seminar, diskusi, hingga koordinasi dapat diketahui oleh masyarakat luas.

Keberlanjutannya berimplikasi pada peningkatan kualitas kampus swasta di empat daerah tersebut yang selama ini kurang dikenal publik.

"Sebagai gambaran kondisi kampus swasta di wilayah X masih jauh dari yang diharapkan, dan Antara bisa membantu hal tersebut," terangnya.

Sementara itu Kepala LKBN Antara Biro Sumbar, Azhari menyambut baik adanya kerja sama ini sebagai peningkatan peranan Antara dalam pengembangan pendidikan tinggi.

Dalam hal ini Antara akan membuka kesempatan dosen di perguruan tinggi swasta untuk menyumbangkan hasil pemikirannya atau hasil penelitiannya yang dapat diketahui masyarakat.

Dengan ini harapan ke depannya perguruan tinggi swasta dapat mengejar atau setara dengan perguruan tinggi negeri.

Sementara itu penandatanganan kerja sama itu kedua lembaga juga disaksikan oleh Irjend Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof Jamal Wiwoho.

Pada kesempatan itu Prof Jamal Wiwoho memberikan arahan kepada rektor Kampus Swasta yang dibawahi Kopertis X. (*)