BPCB: Ada Indikasi Peradaban Prasejarah di Sumbar

id cagar budaya

Padang, (Antara Sumbar) - Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Batusangkar Nurmatias menyatakan, ada indikasi peradaban prasejarah dalam ceruk atau gua di Sumatera Barat.

"Dari penemuan-penemuan, diindikasikan terdapat peradaban prasejarah di wilayah Sumbar," katanya saat dihubungi dari Padang, Selasa.

Ia menambahkan beberapa waktu yang lalu pihaknya menemukan beberapa buah ceruk atau gua yang di dalamnya terdapat ukiran atau goresan.

Goresan itu ditemukan di Ngalau Kapalo Lakuak atau Ngalau Bundo Kanduang Jorong Melati Lubuak Jantan Lintau, Kabupaten Tanah Datar.

Menurutnya ukiran-ukiran tersebut bermotif tumpal, motif belah ketupat, motif panah dan juga motif anthropomorphic atau motif manusia.

"Di lihat dari aspek sebarannya, motif-motif yang ada di sini hampir sama dengan motif-motif yang ditemukan di daerah lain di Indonesia," katanya.

Menurutnya, penelitian lebih lanjut akan dilakukan oleh Balai Arkeologi Medan yang lebih berwenang di bidang temuan-temuan sejarah.

Sementara itu salah seorang Arkeolog BPCB Batusangkar, Dodi Chandra, mengatakan, kondisin gua tersebut mengindikasikan bahwa masih tergolong berumur muda jika dibandingkan dengan temuan wilayah lainnya.

Menurutnya kehidupan di dalam gua jauh lebih tua dari pada peradaban zaman megalitikum atau zaman batu besar.

"Dalam periodesasinya zaman megalit atau batu besar berada ribuan tahun setelah zaman kehidupan manusia di dalam gua atau ceruk," katanya. (*)