Sumbar Verifikasi Data Persiapan UNBK

id Burhasman Bur

Sumbar Verifikasi Data Persiapan UNBK

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Burhasman Bur. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sedang memverifikasi data untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017.

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Burhasman Bur di Padang, Selasa, mengatakan pendataan ulang dilakukan untuk memastikan jumlah sekolah dan peserta yang akan ikut dalam UNBK.

Ia menyebutkan data final sekolah yang akan melaksanakan Ujian tersebut serta jumlah peserta yang akan ikut maksimal pada 25 Januari 2017.

Menurutnya, dari data sementara terdapat 184 sekolah yang telah terdaftar untuk mengikuti UNBK 2017 yang terdiri dari 20 SMP, 22 SMA, dan 142 SMK.

Ia akan melakukan upaya sistem silang agar sekolah dapat melaksanakan UNBK.

Sistem silang tersebut yaitu dengan melakukan pemakaian fasilitas komputer secara bergantian pada masing-masing sekolah.

"Misalnya ketika SMA ujian bisa menggunakan fasilitas komputer SMP dan sebaliknya, karena pelaksanaan ujiannya berbeda," terangnya.

Sebelumnya, Kemendikbud menargetkan pelaksanaan UNBK untuk SMA dan SMK mencapai 80 persen, serta sekolah menengah pertama negeri (SMPN) hingga 40 persen.

Kemendikbud akan mengeluarkan kebijakan kegiatan ujian tidak akan serentak dilaksanakan pada hari yang sama, sehingga siswa yang sekolahnya tidak memiliki komputer dapat mengikuti ujian di sekolah lain di rayon terdekat.

Ia menambahkan pelaksanaan UNBK untuk efisensi waktu dan memperkecil kecurangan.

Pelaksanaan Ujian Nasional pada tingkat SMK akan dilaksanakan pada tanggal 3 hingga 6 April 2017, untuk tingkat SMA pada 10 hingga 13 April 2017. (*)