Bupati: Baznas Inovasi Rangkul Masyarakat

id Muzni Zakaria

Bupati: Baznas Inovasi Rangkul Masyarakat

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria.

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat, Muzni Zakaria meminta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat terus mencari inovasi baru untuk merangkul masyarakat dalam menghimpun zakat.

"Baznas bukan hanya menyalurkan zakat tetapi juga harus bisa menyosialisasikan pada masyarakat agar mau membayarkan zakat lewat Baznas yang sudah diakui secara nasional," katanya saat pengukuhan pengurus Baznas Solok Selatan, di Padang Aro, Senin.

Bila perlu, terangnya Baznas merekrut orang dalam menyosialisasikan pembayaran zakat.

"Sosialisasi oleh Baznas secara langsung belum tentu akan berhasil sehingga diperlukan orang lain yang mana penyampaiannya bisa diterima dengan baik oleh masyarakat," jelasnya.

Ia menerangkan selama tiga tahun ini zakat yang disalurkan melalui Baznas baru sebatas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Oleh sebab itu, katanya pengurus Baznas yang baru harus terus berinovasi karena tantangan akan lebih berat lagi.

Ia mengatakan masih banyak potensi zakat.

Dia mengungkapkan, Baznas Solok Selatan selama tiga tahun ini telah mengumpulkan zakat Rp5,5 miliar. Jumlah itu meningkat tajam dibandingkan sebelum ada Baznas.

"Sebelum ada Baznas zakat yang terkumpul hanya sekitar Rp20 juta setahun tetapi sekarang sudah mencapai Rp5,5 miliar sejak tiga tahun terakhir," terangnya.

Sementara itu Ketua Baznas Solok Selatan, Bakri Bakar mengatakan tahun ini target raihan zakat sebesar Rp3,5 miliar.

"Tahun lalu dari target Rp3 miliar capaiannya Rp2,7 miliar jadi masuk akal. Tahun ini kami targetkan capaiannya Rp3,5 miliar," katanya.

Ia menegaskan pihaknya akan mengoptimalkan potensi zakat dari instansi vertikal yang selama ini belum tersentuh.

"Di daerah kita banyak perusahaan yang belum tersentuh dan kita akan berupaya mengajak mereka untuk menyalurkan zakat lewat Baznas," katanya.

Berikut pengurus Baznas periode 2016-2021 yang dikukuhkan Ketua Bakri Bakar, Wakil Ketua I Lamudin, Wakil Ketua II Ahmad Waras, Wakil Ketua III Suwandi Suib, Wakil Ketua IV Idris Salim.

Selanjutnya, Audit internal BAZNAS Sutan Bangun sebagai Ketua, Zulkifli Sekretaris serta anggotanya Ondeli, Yulkisra dan Akmal. (*)