Pemkot Pariaman Tebar Bibit Ikan Bantuan KKP

id bibit ikan

Pemkot Pariaman Tebar Bibit Ikan Bantuan KKP

Ilustrasi - Tebar bibit ikan. (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, menebar sebanyak 10 ribu bibit ikan jenis Bawal Bintang bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ke keramba jaring apung di perairan Pulau Angso Duo.

Kepala Bidang Perikanan Budidaya, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat Feriyaldi, di Pariaman, Jumat, mengatakan sebelumnya pihaknya memfasilitasi kelompok masyarakat Angso Duo Fish sebagai pihak pengelola untuk mengajukan proposal bantuan bibit ke KKP.

Setelah mengajukan permohonan pihak kementerian menyerahkan bibit ikan Bawal Bintang melalui Balai Perikanan Besar Budidaya Laut (BPBBL) Batam.

Bibit ikan Bawal Bintang tersebut akan dikembangkan dan dibudidayakan di 20 petak keramba jaring apung yang ada.

"Bantuan bibit ikan tersebut akan dikelola oleh kelompok masyarakat selama enam hingga delapan bulan sebelum dipanen dan dipasarkan ke wilayah Sumbar," katanya.

Terkait pakan ikan, kata dia, kelompok masyarakat juga bisa kembali mengajukan permohonan bantuan ke pihak kementerian dengan proposal.

Sebelumnya keranba jaring apung tersebut telah membudidayakan ikan laut jenis kerapu, namun beberapa bulan terakhir sempat lesu.

Selain itu budidaya ikan jenis Bawal Bintang tersebut diperkirakan mampu mensuplai kebutuhan masyarakat di Sumbar.

"Pada umumnya di Sumbar terutama wilayah pesisir seperti Kabupaten Pasaman Barat, Kota Padang, dan Pesisir Selatan telah membudidayakan ikan kerapu, ke depan diharapkan ikan Bawal Bintang memiliki pasar tersendiri," ujar dia. (*)