Pasaman Barat Harus Berbenah

id #Hut Pasbar #Paripurna Istimewa DPRD Pasbar

Pasaman Barat Harus Berbenah

Ketua DPRD Pasbar, Daliyus K bersama Bupati dan Wakil Bupati Pasbar beserta rombongan saat memasuki gedung DPRD dalam rangka HUT (c)

Sinpang Empat, - Di usia yang k-13 Kabupaten Pasaman Barat diharapkan terus berbenah disegala lini karena masih banyak ketertinggalan dari daerah lain.

"Mudah-mudahan kedepannya Pasbar lebih baik lagi. Jaga kebersamaan dan tingkatkan pembangunan disegela bidang," kata salah seorang tokoh Pasaman Barat, Prof. Dasman Lanin saat memberikan sambutan saat Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka HUT Pasbar di Aula Kantor DPRD setempat, Sabtu (7/1).

Menurutnya, ada sejumlah catatan yang perlu jadi perhatian dan perbaikan kedepannya. Pertama, Pasaman Barat daerah kaya namun hingga saat ini statusnya masih tertinggal.

Kedua, Pasbar daerah kaya tetapi masuarakatnya masih miskin. Ketiga, Pasbar daerah yang subur tetapi kualitas SDM tidak seimbang untuk mengelola kesuburan tanah Pasbar tersebut.

Keempat, dana CSR yang ada di Paabar belum tergarap makisimal. Apalagi, Pasbar memiliki sejumlah perusahaan perkebunan yang ada.

"Tentu potensi ini harus digarap dengan maksimal sehingga dana CSR tersebut benar-benar dirasakan oleh maayarakat," sebutnya.

Ia juga menyarankan agar sektor pendidikan mendapat perhatian lebih karena jika pendidikan maju maka akan melahirkan SDM handal yang akan mampu mengelola SDA yang melimpah.

"Jika pendidikan masyarakat maju maka akan mampu merubah kehidupan mereka. Dengan sendirinya akan mampu mengangkat ekonomi warga," katanya.

Ia juga mengharapkab agar pelayanan kepada masyarakat terus ditingkatkan disegala lini. Selain pembangunan infrastruktur yang lainnya.

Selain itu juga pengelolaan keuangan dan aset agar ditingkatkan sehingga bisa dipertanggujngjawabkan.

"Kita tentu inginya Pasbar dari segi penilain tidak lagi hanya Wajar Dengan Pengecualian (WDP) tetapi diharapkan meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)," harapnya.(adv)