Kewenangan Pindah ke Provinsi, Bupati Tetap Resmikan SMA

id peresmian sma

Kewenangan Pindah ke Provinsi, Bupati Tetap Resmikan SMA

Bupati Pasbar, H. Syahiran tandatangani prasasti peresmian SMA N 2 Kinali, Senin (9/1). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Bupati Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) Syahiran meresmikan SMA Negeri 2 Kinali, Senin (9/1), di tengah dilema pelimpahan wewenang pengelolaan SMA ke provinsi.

Menurutnya peresmian SMA N 2 Kinali merupakan sejarah baru bagi dunia pendidikan di Pasaman Barat. Sebab, SMA N 2 Kinali dibangun di tengah beralihnya kewenangan Pemerintah Kabupaten ke Pemerintah Provinsi.

"Kita ingin bina dan kembangkan SMA ini, tapi sayangnya hal tersebut sekarang bukan lagi menjadi wewenang kabupaten. ASN tidak bisa saya tambah karena itu sudah menjadi wewenang provinsi," keluhnya.

Ia menyebutkan kedepannya pengelolaan sekolah akan menjadi tugas berat bagi Pemkab dengan keterbatasan wewenang.

Seperti yang akan dialami oleh SMA N 2 Kinali yang sudah diresmikan yang hanya memiliki dua orang Guru ASN saja.

"Ini pasti luar biasa susahnya, kita di hukum oleh peraturan baru. Bagaimana kita bisa membangun sekolah dan membina peserta didik dengan hanya dua orang guru ASN saja," ujarnya.

Pihaknya akan pertanyakan sejauh mana provinsi bisa menangani hal ini. Apakah hal ini dapat memajukan pendidikan di daerah atau bahkan sebaliknya.

Sementara itu kepala Dinas Pendidikan Pasaman Barat, Irwan menyampaikan pembangunan SMA N 2 Kinali dari alokasi dana APBN serta tanah hibah yang diberikan masyarakat Kinali, Sariali merupakan desakan atas banyaknya jumlah murid yang tidak bisa lagi ditampung oleh SMA N 1 Kinali.

"Pendidikan adalah tanggung jawab kita bersama. Tanggung jawab pemerintah, orang tua dan masyarakat. Mari kita bangun pendidikan dari tiga elemen tersebut dengan aturan yang telah ditetapkan," tegasnya.

Ia juga sepakat dengan bupati bahwa pelimpahan kewenangan SMA ke provinsi membuat dilema tersendiri bagi dearah.

"Mudah-mudahan ada solusinya dari Pemprov Sumbar nantinya sehingga tidak merugikan anak-anak didik," ujarnya.

Peresmian SMA N 2 Kinali juga dihadiri oleh Wakil Bupati, Yulianto, Ketua DPRD Pasaman Barat, Daliyus K, Camat Kinali Bakaruddin, unsur Muspika, Walinagari, Kepala Jorong dan masyarakat setempat. (*)