Bupati : APBD Solok Selatan Tuntas Januari

id APBD, Muzni Zakaria

Bupati : APBD Solok Selatan Tuntas Januari

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria (ant)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Bupati Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat Muzni Zakaria mengungkapkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017 akan selesai Januari 2017 karna sekarang sudah di tangan DPRD serta sudah diagendakan pembahasannya.

"Pembahasan APBD 2017 kita memang terlambat dari Kabupaten/Kota lainnya tetapi di tahun yang baru dan semangat baru juga kita bertekat APBD 2017 selesai Januari 2017", kata dia saat Sidang Pripurna Istimewa DPRD dalam rangka memperingati HIT Solok Selatan yang ke 13, di Padang Aro, Sabtu.

Dia mengatakan, antara eksekutif dan legislatif tidak ada saling menuding tetapi tetap kompak hingga saat ini.

Dengan kekompakan dan harmoniasi antara eksekutif dan legislatif yang masih terjaga hingga saat ini kata dia, akan mempercepat pembangunan demi masyarakat Solok Selatan.

"Dengan kekompakan eksekutif dan legislatif maka pembangunan Solok Selatan akan segera terwujud dalam waktu dekat," katanya.

Menurut dia, masyarakat Solok Selatan sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah daerah dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

"Kita harus introspeksi diri dan berpandangan jauh kedepan untuk memajukan Solok Selatan kedepannya supaya kesejahteraan masyarakat bisa tercapai dalam waktu yang tidak terlalu lama," jelasnya.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Stansurizaldi mengatakan, perencanaan APBS 2017 Solok Selatan yang diajukan ke DPRD Rp830 miliar dan ini berkurang dibanding tahun sebelumnya yang mencapai Rp860 miliar.

"Penyebabnya karena ada pengurangan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan berkurangnya Silpa," kata dia.

Ketua DPRD Solok Selatan Sidik Ilyas mengatakan, puhaknya sudah mengagendakan pembahasan APBD 2017 mulai Senin 9/1.

"Kita mulai pembahasan Senin dan penetapannya pada 30 Januari 2017," katanya.

Dia menambahkan, untuk lokasi pembahasan APBD 2017 mulai dari awal hinga akhir semuanya di dalam wilayah Solok Selatan.

"Tempatnya di Solok Selatan tidak ada di luar daerah," katanya. (*)