Sumbar Waspada Cuaca Ekstrem hingga Akhir Januari

id badai

Sumbar Waspada Cuaca Ekstrem hingga Akhir Januari

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping Padangpariaman, Sumatera Barat (Sumbar), memprakirakan provinsi itu masih berpotensi cuaca ekstrem hingga akhir Januari 2017 karena itu warga setempat diminta waspada.

"Waktu berakhirnya cuaca ekstrem di Sumbar tidak dapat diprediksi, kadang cuaca membaik, kadang kembali memburuk seketika," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping Padangpariaman Budi Samiadji saat dikonfirmasi dari Padang, Jumat.

Namun, ia mengatakan terdapat potensi pengurangan terjadinya cuaca ekstrem tersebut pada akhir Januari 2017, walaupun sesekali tetap terjadi.

Ia menjelaskan terdapat pola khusus terkait cuaca ekstrem sehingga warga setempat termasuk yang berada di kawasan rawan banjir, longsor serta pohon tumbang tetap harus hati-hati dan meningkatkan kewaspadaaan.

Pola khusus tersebut, katanya, akan berakhir dalam jangka waktu tertentu dan kemudian digantikan oleh pola cuaca yang baru dan begitulah seterusnya.

"Dalam rentang waktu perubahan pola cuaca yang satu ke lainnya juga berpotensi menimbulkan cuaca ekstrem," ujarnya.

Saat yang terjadi dan dominan bukanlah pola cuaca ekstrem, maka cuaca akan kondusif, katanya. (*)