Minggu, 20 Agustus 2017 - 28 Zulqaidah 1438 H

Sumbar Perbanyak Pelatihan Perkuat Kualitas Pelayanan Wisata

Ilustrasi, wisata halal. (Antara)
Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, akan memperbanyak kegiatan pelatihan dan pembinaan terhadap para pelaku wisata guna memperkuat kualitas pelayanan di berbagai destinasi wisata di daerah setempat.

"Penguatan kualitas pelayanan diperlukan seiring dengan tiga penghargaan yang diterima Sumbar sebagai wisata halal dunia," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian, di Padang, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan pelatihan dan pembinaan terhadap pelaku usaha pariwisata dimulai daripembinaan aparatur, penyedia jasa, produk terkait pariwisata serta masyarakat agar mampu mengikuti kaidah-kaidah wisata halal tersebut.

Penghargaan di bidang pariwisata yang telah diterima Sumbar telah menimbulkan persepsi dan adanya harapan dari para wisatawan agar kualitas pelayanan pariwisata terus meningkat.

"Wisatawan berharap produk wisata (barang dan jasa) yang akan mereka terima ketika berwosata di Sumbar sesuai dengan kaidah halal tersebut," ujarnya.

Dengan demikian hal itu dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara ke Sumbar.

Ia menambahkan dari sisi promosi pihaknya akan menfokuskan pada pasar dan segmen potensial, baik untuk pasar wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sementara itu Ketua Association of the Indonesian Tours & Travel Agen (Asita) Sumbar Ian Hanafiah mengatakan perlunya pembenahan infrastruktur pariwisata Sumbar untuk meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke daerah ini.

"Perlunya peningkatan kapasitas jalan terutama pada rute favorit jalur Padang-Bukittinggi karena saat ini sudah terlalu padat," katanya.

Kemudian menyarankan rumah makan dan restoran di Padang agar membuat variasi menu agar wisatawan tidak bosan.

"Pagi makan nasi Padang, siang juga, malam kembali nasi Padang, kalau tiga hari tentu wisatawan akan bosan," katanya. (*)



Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Fathul Abdi
Teknologi informasi kian hari kian berkembang. Jika dulu masyarakat melakukan segala sesuatu secara manual, kini bisa dilakukan ...
Baca Juga