Relawan IARMI Sumbar Salurkan Bantuan Gempa Aceh

id Gempa pidie

Relawan IARMI Sumbar Salurkan Bantuan Gempa Aceh

(ANTARA FOTO/Ampelsa/kye/16)

Padang, (Antara Sumbar) - Relawan dari Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) Sumatera Barat (Sumbar), telah menyalurkan sebanyak 12 ton bantuan pada korban gempa di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

"Tim berangkat ke Aceh sejak Jumat (30/12) sebanyak 9 orang melalui jalir darat. Bersyukur pada Senin (2/1) bantuan sebanyak 12 ton telah disalurkan," kata Komandan IARMI dan Resimen Mahasiswa (Menwa) Sumbar, Madi Wijaya dihubungi dari Padang, Selasa.

Ia menyebutkan bantuan yang diserahkan itu berasal dari sumbangan masyarakat Sumbar baik bersifat kelompok, perorangan, ataupun instansi di posko peduli bencana IARMI Sumbar, yang didirikan selama 20 hari.

"Jumlah bantuan yang terkumpul sebanyak Rp 600 juta yang kemudian dijadikan ke dalam bentuk barang harian,selimut,makanan,dan alat sekolah yang beratnya mencapai 12 ton," katanya.

Dipaparkannya, desa yang mendapat bantuan yaitu desa Samalanga, Paroe Keude,Gampong Tampui, Meunasah lhok,Tuha,Dayah Teumanah,Pijay dan Ring Mangang.

Sementara Wakil Komandan Menwa dan IARMI Sumbar, Wahyu Iramana Putra, menyebutkan posko bencana di Sumbar telah dibuka sejak 8 Desember 2016-28 Desember 2016.

"Ini adalah bentuk kepedulian sesama. Ketika bencana datang, kita sama-sama menguatkan," katanya.

Bantuan yang diberikan, katanya, diharapkan dapat meringankan beban korban yang terdampak bencana gempa.

"Semoga bisa membantu, terutama bagi korban yang masih berada di tempat pengungsian," harapnya.

Sebelumnya, bencana gempa itu terjadi pada 7 Desember 2016, dengan kekuatan 6,5 SR.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), korban meninggal dunia di hari keempat tanggap darurat sebanyak 101 jiwa. (*)