Mahasiswa Unand Terima Beasiswa Dari Gebu Minang

id Unand

Mahasiswa Unand Terima Beasiswa Dari Gebu Minang

Unand (())

Padang, (Antara Sumbar) - Lima mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat menerima beasiswa dari Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang guna membantu mahasiswa kurang mampu di perguruan tinggi tersebut.

"Kelima mahasiswa tersebut berasal dari berbagai fakultas di Unand," kata Wakil Rektor Tiga Unand Prof.Dr.Ir. Hermansah, di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan setiap tahun Unand menerima sekitar 5.400 mahasiswa dan berdasarkan data yang diberikan 30 persen di antaranya harus mendapatkan beasiswa .

"Jadi ada sekitar 1.600 mahasiswa mendaftar sebagai calon penerima program Bidik Misi," katanya.

Namun pemerintah hanya bisa memberikan beasiswa melalui Bidik Misi dengan total 1.180 mahasiswa sehingga ada 420 mahasiswa yang tidak memperoleh beasiswa melalui program tersebut.

Oleh karena itu pihaknya merasa bersyukur karena Gebu Minang ikut membantu mahasiswa sehingga beban pihak perguruan tinggi dalam mencarikan beasiswa untuk 420 mahasiswa tersebut berkurang.

"Kami berharap nantinya jumlah mahasiswa yang akan menerima beasiswa dari Gebu Minang bertambah," ujarnya.

Ia juga berharap mahasiswa dapat memanfaatkan beasiswa tersebut dengan tekun belajar sehingga apa yang mereka cita-citakan dapat tercapai.

Sementara itu, Ketua Gebu Minang Ermansyah Jamin menjelaskan Gebu Minang merupakan suatu organisasi masyarakat Minangkabau yang bertujuan menghimpun dan membina potensi orang Minang yang berada di ranah Minang dan perantauan di bidang ekonomi dan kebudayaan.

"Pembinaan tersebut seperti menggelar pelatihan untuk perantau Minang yang bergerak di usaha mikro kecil dan menengah," katanya.

Selain itu, pihaknya juga membantu mahasiswa Minang dengan memberikannya beasiswa seperti di Universitas Indonesia dan Unand, kata dia.

Ke depan, lanjutnya organisasi tersebut akan meningkatkan jumlah penerima beasiswa bahkan juga akan diberikan kepada semua etnis yang ada di Indonesia. (*)