PLN Sumbar Bantu Rp600 Juta Bangun Infrastruktur Sungai Aur

id PLN Sumbar

PLN  Sumbar Bantu Rp600 Juta Bangun Infrastruktur Sungai Aur

Manager PLN Sumbar menyerahkan secara simbolis bantuan Rp600 juta kepada Bupati Pasbar, Syahiran untuk pembangunan infrastruktur di Kecamatan Sungai Aur, Kamis (22/12). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - PT PLN Persero Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) mengucurkan dana Rp600 juta untuk pembangunan infrastruktur Kampung Sahabat PLN di Jorong Sakato Jaya Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat, Kamis.

Pemberian dana pembangunan infrastruktur tersebut merupakan program peduli PLN sebagai wujud kepedulian PLN terhadap lingkungan.

Manajer SDM dan Umum PLN Wilayah Sumbar, Arsabillah menyampaikan antusiasme warga Jorong Sakato Jaya sangat membantu kelancaran program PLN Peduli di daerah itu.

"Pihak PLN hanya membantu memberikan dana pembangunan sarana dan prasarana jorong. Sementara dalam pengerjaannya sendiri dilakukan secara swadaya oleh masyarakat," sebutnya.

Ia menyebutkan menambahkan warga Jorong Sakato Jaya mendukung penuh berbagai kegiatan pembangunan yang dilakukan.

"Melalui program PLN peduli tertopang harapan kami agar jorong Sakato Jaya bisa menjadi corong bagi PLN. Sebab hampir semua kegiatan PLN berhubungan langsung dengan masyarakat serta program ini akan menjadi program yang secara terus menerus dilakukan dengan tempat yang berbeda," katanya.

Dana Rp600 juta digunakan untuk pembangunan Masjid, Taman Kanak-Kanak/PAUD, pembuatan Gapura, WC, pembuatan tugu, pembuatan balai pertemuan, saluran air, pembuatan toilet, renovasi teras dan kubah masjid serta bantuan peralatan memasak desa.

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat Syahiran menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak PLN dengan programnya yang dapat membantu masyarakat secara langsung dengan pembangunan infrastruktur di jorong Sakato Jaya.

"30 persen masyarakat Pasaman Barat masih belum mendapat sambungan listrik. Saya ingin kedepan PLN dapat membantu pemerintah dalam menyukseskan program 1.000 wat listrik untuk rumah tangga miskin di Pasaman Barat," kata Syahiran.

Ia menyebutkan pada 2017 Pemkab Pasaman Barat akan menjalankan tiga program strategis yakni 1.000 wat listrik bagi keluarga kurang mampu yang belum mendapatkan sambungan arus listrik, 1.000 WC untuk masyarakat miskin dan rehabilitasi 1.000 rumah tidak layak huni yang pelaksanaanya sudah dimulai saat ini.

"Saya harap masyarakat Jorong Sakato Jaya dapat memelihara dan memanfaatkan semua sarana dan prasarana yang telah dibangun. Masjid yang sudah direnovasi hendaknya diramaikan dengan berbagai kegiatan keagamaan," katanya.

Ia mengimbau agar masyarakat Sungai Aur untuk senantiasa menjaga stabilitas masyarakat dan waspada terhadap paham-paham radikalisme yang dapat memecah belah keharmonisan masyarakat.

Kepala Jorong setempat, Rahmadsyah mewakili masyarakat yang hadir mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dan PLN dengan program yang telah dijalankan.

"Kampung halaman kami sudah jauh maju dan berkembang. Kami merasa sejahtera dengan lengkapnya segala infrastruktur. Pembangunan ini sangat berarti bagi kami," katanya. (*)