MTSN Salido Raih Adiwiyata Nasional

id MTSN Salido

Painan, (Antara Sumbar) - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Salido, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), meraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat nasional 2016.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengungkapkan kebanggaan saat memberikan piagam penghargaan yang diraih oleh madrasah tersebut di ruang kerjanya di Painan, Selasa, ia pun mendorong agar prestasi itu dipertahankan dikemudian hari.

Bahkan ia mendorong sekolah yang ada di kabupaten itu mengikuti langkah cemerlang madrasah tersebut.

"Saya sudah melakukan kunjungan ke MTsN Salido dan madrasah tersebut memiliki suasana yang indah, nyaman dan sejuk, sekolah di Pesisir Selatan harus mengikutinya," kata dia.

Sementara itu, Kepala MTsN Salido, Masni mengatakan prestasi yang diraih tidak didapatkan begitu saja melainkan merupakan kerja sama semua pihak.

"Insya Allah prestasi ini akan kami pertahankan, dan kami berharap dengan lingkungan dan suasana yang indah, nyaman serta sejuk bisa memacu pelajar meningkatkan prestasi," ungkapnya.

Ia menerangkan saat ini di madrasah yang dipimpinnya terdapat 113 jenis tanaman obat, 40 batang kelengkeng dan tanaman buah lainnya.

Selain itu juga ada bank sampah yang digunakan menampung sampah agar tidak bertebaran dimana-mana.

Dari bank sampah tersebut kata dia akan dijadikan kompos hingga kerajinan dari daur ulang, kegiatan tersebut dimaksud agar pelajar terbiasa hidup bersih.

Selain MTsN Salido ada beberapa sekolah lain yang diberi penghargaan oleh bupati, sekolah tersebut meraih Adiwiyata nasional tingkat kabupaten.

Sekolah itu diantaranya SMAN 2 Bayang, SMPN I Painan, SMPN 2 Batang Kapas, SMPN 4 Sutera, SMPN I Linggo Sari Baganti dan MTsN Tarusan.

Seterusnya, SDN 24 Barung Barung Belantai, SDN 06 Anakan, SDN 02 Sungai Nyalo dan SDN 28 Pasar Gompong. (*)