Pesawat Hercules TNI AU Jatuh Di Wamena

id Pesawat jatuh

Pesawat Hercules TNI AU Jatuh Di Wamena

Ilustrasi pesawat jatuh. (Antara) ( )

Jayapura, (Antara Sumbar) - Peswat Hercules jenis A-1334 Navex 32 milik TNI AU dengan rute penerbangan berangkat dari Timika, Kabupaten Mimika ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Minggu pagi, dikabarkan jatuh di sekitar Gunung Lisuwa, Kampung Maima, Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teguh PR ketika dikonfirmasi, Minggu, terkait informasi tersebut membenarkan bahwa ada pesawat milik TNI AU yang hilang kontak.

"Tadi sekitar pukul 08.00 WIT, kami mendapat informasi dari pangkalan TNI AU Wamena bahwa sekitar pukul 06.09 WIT telah hilang kontak pesawat Hercules Jenis A-1334 Navex 32 milik TNI AU route Timika-Wamena dengan Pilot Mayor PNB Marlon," katanya.

Pesawat naas tersebut membawa kru sebanyak 12 orang yang diperkirakan hilang kontak di sekitar Gunung Lisuwa, Kampung Maima Distrik Minimo Kabupaten Jayawijaya.

"Informasinya pesawat itu membawa kru sebanyak 12 orang," katanya.

Berdasarkan informasi lapangan yang diterima Antara di Kota Jayapura, pesawat hercules tersebut sedang mengangkut bahan makanan dan sejumlah material lainnya, yang berangkat dari Timika pada Minggu pagi sekitar pukul 05.35 WIT, dan diperkirakan tiba di Wamena pukul 06.13 WIT.

Sebelum jatuh, pesawat sempat kontak dengan tower bandara Wamena terakhir pukul 06.02 WIT.

Pada pukul 06.08 pesawat tersebut dapat dilihat dari tower Wamena ketika akan mendarat, namun semenit kemudian hilang kontak dengan tower.

Dua jam kemudian atau pada pukul 08.40 WIT, lokasi pesawat jatuh telah ditemukan oleh 30 personil Kodim 1702/Jayawijaya yang dipimpin oleh Pasi Intel Kapten Inf Irvan di Gunung Lisuwa, Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya.

Hingga berita ini diturunkan, Tim SAR, aparat TNI, Polri di Wamena sedang berupaya evakuasi para kru pesawat. (*)